Breaking News:

Otomotif

Tahukah Anda? Antara Tidak Punya SIM dan Lupa Bawa, Sanksinya Ternyata Beda Lho

Jika tidak memiliki atau membawa SIM saat mengemudi di jalan raya, pihak kepolisian akan memberikan sanksi tilang bagi pengguna kendaraan bermotor. 

Editor: Diah Anggraeni
TRIBUNKALTIM.CO/ CHRISTOPER D
Perlu diketahui, ternyata ada perbedaan sanksi maupun besaran denda antara pengguna kendaraan yang memiliki SIM tetapi lupa membawa, dengan tidak mempunyai SIM. 

TRIBUNKALTIM.CO - Surat izin mengemudi atau lebih dikenal dengan nama SIM merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi oleh setiap pengemudi kendaraan bermotor di jalan raya.

Jika tidak memiliki atau membawa SIM saat mengemudi di jalan raya, pihak kepolisian akan memberikan sanksi tilang bagi pengguna kendaraan bermotor. 

Pengendara yang tidak bisa menunjukkan SIM-nya kepada petugas, maka menjadi bentuk pelanggaran lalu lintas yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Baca juga: Perlu Diketahui, Inilah Warna Pakaian yang Tidak Dianjurkan Digunakan saat Mengajukan Pembuatan SIM

Namun, perlu diketahui bahwa ada perbedaan sanksi maupun besaran denda antara pengguna kendaraan yang memiliki SIM tetapi lupa membawa, dengan tidak mempunyai SIM.

Dalam Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang LLAJ pasal 288 ayat (2) disebutkan mengenai kewajiban menunjukkan SIM bagi setiap pengendara kendaraan bermotor.

Dalam pasal tersebut disebutkan tidak dapat menunjukkan SIM tersebut bukan berarti tidak memilikinya.

Tetapi, kemungkinan pengemudi memiliki SIM hanya saja lupa membawanya saat mengendarai kendaraan bermotor.

Dalam pasal tersebut dijelaskan mengenai sanksi kurungan penjara serta denda yang harus dibayarkan bagi pengemudi yang tidak bisa menunjukkan SIM.

"Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak dapat menunjukkan Surat Izin Mengemudi yang sah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (5) huruf b dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan dan/atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah)," tulis dalam pasal tersebut.

Untuk itu, jika pengendara bermotor kendaraan bermotor yang belum mempunyai SIM akan dikenakan sanksi yang lebih berat.

Baca juga: Ingin Memperbarui Foto SIM yang Pudar? Berikut Cara dan Biayanya, Mudah dan Murah

Hal ini sebagaimana diatur dalam pasal 281 Undang-Undang yang sama disebutkan bahwa pengendara yang tidak memiliki SIM akan dipidana kurungan hingga empat bulan.

"Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 77 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 4 (empat) bulan atau denda paling banyak Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah)," tulis dalam pasal tersebut.

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Semua Biar Tahu, Enggak Punya SIM Sama Lupa Bawa Sanksinya Ternyata Beda, Ini Aturannya, https://www.gridoto.com/read/222832301/semua-biar-tahu-enggak-punya-sim-sama-lupa-bawa-sanksinya-ternyata-beda-ini-aturannya?page=all.

Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved