Breaking News:

Otomotif

Terungkap! Inilah Alasan Mengapa SPBU Menghentikan Operasionalnya saat Truk Tangki Bongkar BBM

Beberapa mitos unik terkait pengisian bahan bakar di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) berkembang di kalangan masyarakat.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Pertamina Tarakan
SPBU biasanya akan menghentikan operasional sementara dispenser yang terhubung dengan tangki penyimpanan saat truk tangki membongkar BBM. Mengapa demikian? Yuk, simak penjelasan dari Pertamina. 

TRIBUNKALTIM.CO - Beberapa mitos unik terkait pengisian bahan bakar di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) berkembang di kalangan masyarakat.

Misalnya, mitos yang cukup ramai diyakini kebenarannya, yakni jangan mengisi bahan bakar saat truk tangki tengah mengisi stok di tangki penyimpanan SPBU.

Hal itu lantaran endapan atau kotoran di dasar tangki penyimpanan SPBU dan truk akan naik saat tangki diisi.

Oleh karenanya, dikhawatirkan bakal ikut tersedot pompa dan masuk ke dalam tangki bahan bakar kendaraan Anda.

Baca juga: WAJIB TAHU! Mana yang Lebih Baik, Berdasarkan Patokan Liter atau Nominal Rupiah saat Mengisi BBM?

Lantas, apakah anggapan itu benar?

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial and Trading, Putut Andriatno pun memberikan penjelasan terkait anggapan itu.

"Secara teori benar. Potensi itu ada tergantung beberapa hal. Pertama kondisi filter, banyaknya kotoran di dasar tangki dan volume BBM di dalam tangki," ujar Putut kepada GridOto.com, Rabu (11/08/2021).

Oleh sebab itu, Putut menjelaskan, biasanya SPBU akan menghentikan operasional sementara dispenser yang terhubung dengan tangki penyimpanan saat truk tangki membongkar BBM.

Namun, ia menambahkan, tidak menutup kemungkinan bahwa SPBU tetap membuka operasional dengan mempertimbangkan beberapa hal.

"Tetap bisa dilakukan dengan pertimbangan filter masih bagus, kotoran tidak banyak. Yang tahu adalah SPBU," ucap Putut.

Baca juga: Ingin Beli Mobil Bekas Ramah Lingkungan dan Irit BBM? Toyota Agya Berikut Dijual Mulai Rp 70 Jutaan

Meski begitu, Putut mengimbau kepada konsumen yang ingin mengisi bahan bakar bisa menunggu truk tangki sampai selesai bongkar BBM.

Ini untuk memastikan tidak ada kotoran yang bisa masuk atau terbawa ke tangki bahan bakar kendaraan yang diisi.

"SPBU tentunya sudah mempertimbangkan situasi dan kondisi. Tetapi untuk kehati-hatian konsumen bisa menunggu sampai selesai bongkar," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Terungkap Fakta Sebaiknya Jangan Isi BBM Saat Truk Tangki Sedang Refill SPBU, Ini Penjelasan Pertamina, https://www.gridoto.com/read/222833268/terungkap-fakta-sebaiknya-jangan-isi-bbm-saat-truk-tangki-sedang-refill-spbu-ini-penjelasan-pertamina?page=all.

Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved