Breaking News:

PLN UIP Kalbagtim Tambah Jumlah Penyelamatan Aset, Didukung BPN Wilayah Kalimantan Selatan

Pengamanan aset milik negara yang dikelola PT PLN (Persero) dengan dukungan Badan Pertanahan Nasional (BPN) di Wilayah Kalimantan Selatan masih terus

Editor: Diah Anggraeni
HO/PLN
Penyerahan sertifikat kepemilikan tanah oleh Kepala Kantor BPN Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Wahyu Sutarto kepada Manajer Pertanahan dan Aset PLN UIP Kalbagtim Supriyanto, Selasa (17/8/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Pengamanan aset milik negara yang dikelola PT PLN (Persero) dengan dukungan Badan Pertanahan Nasional (BPN) di Wilayah Kalimantan Selatan masih terus berlanjut.

Bertepatan dengan momen Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, Selasa (17/8/2021) lalu, dilaksanakan penyerahan 39 sertifikat kepemilikan tanah melalui kegiatan focus group discussion (FGD) PLN UIP Kalbagtim dan BPN Kantah Hulu Sungai Tengah.

Penyerahan sertifikat dilakukan langsung oleh Kepala Kantor BPN Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Wahyu Sutarto, S.T., M.T. kepada Manajer Pertanahan dan Aset PLN UIP Kalbagtim, Supriyanto.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua, PLN Group Sinergi dengan Polda Kaltim

Sejumlah 39 sertifikat ini merupakan bukti sah kepemilikan hak atas tanah infrastruktur ketenagalistrikan pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Barikin - Amuntai serta SUTT 150 kV Kayutangi - Barikin yang masuk di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Manajemen PLN UIP mengucapkan banyak terima kasih dan mengapresiasi pencapaian sertifikasi BPN Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

"Sebanyak 39 sertipikat (terbit) baru ini akan menambah jumlah penyelamatan aset negara, dan pencapaian ini juga akan kami laporkan ke (PLN) Pusat. Terima kasih kepada Bapak Wahyu Sutarto dan seluruh jajaran," ungkap Supriyanto.

Bersamaan disampaikan harapan kerjasama yang baik ini terus berlanjut mengingat masih terdapat 33 persil tower belum bersertipikat di Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan saat ini masih dalam proses.

Menyambut harapan PLN, Kepala Kantor BPN Kabupaten Hulu Sungai Tengah Wahyu Sutarto, S.T., M.T, menyampaikan, pihaknya siap mendukung dan memfasilitasi PLN dalam rangka pengamanan aset negara khususnya di bidang pengamanan aset tanah untuk program ketenagalistrikan.

"Kantah Hulu Sungai Tengah siap membantu PLN dalam pemberian kepastian hukum terkait kepemilikan lahan, apalagi infrastruktur kelistrikan merupakan kebutuhan yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak," jelasnya.

Baca juga: PLN Sukses Lakukan Uji Coba Perdagangan Emisi Karbon di Pembangkit Listrik

Dihubungi di tempat terpisah SRM Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi Basuki Rahman menjelaskan, kerja sama antara PT PLN (Persero) dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Wilayah Kalimantan Selatan selama ini sudah terjalin dengan baik.

Ia menambahkan, sampai saat ini sertipikat yang sudah terbit setidaknya di 13 Kantor Pertanahan di Provinsi Kalimantan Selatan sejumlah 272 persil, dari total target 745 persil, sehingga masih ada 473 persil yang diharapkan bisa terbit hingga akhir tahun 2021.

"Kami ucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada kepala BPN Kantor Wilayah Kalimantan Selatan beserta seluruh kepala kantor dan jajaran atas dukungan yang luar biasa kepada PLN dalam upaya penyelamatan aset negara melalui penerbitan sertifikat," pungkas Basuki. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved