Breaking News:

Dukung Kesejahteraan Petani Jagung, Pupuk Kaltim Perluas Agro Solution di Kutai Kartanegara

PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) pada program Agro Solution - Indoditas

Editor: Diah Anggraeni
HO/PKT
PT Pupuk Kalimantan Timur menjalin kerja sama dengan Pemkab Kutai Kartanegara pada program Agro Solution-Indoditas, guna mendorong peningkatan produktivitas jagung dan pengembangan lahan pertanian potensial melalui pendampingan petani. Kesepakatan ini ditandatangani PKT bersama Bupati Kukar Edi Damansyah pada 17 Agustus 2021. 

TRIBUNKALTIM.CO - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) pada program Agro Solution - Indoditas (Agroditas), guna mendorong peningkatan produktivitas jagung dan pengembangan lahan pertanian potensial melalui pendampingan petani.

Kesepakatan tersebut ditandatangani PKT bersama Bupati Kukar Edi Damansyah pada 17 Agustus 2021.

Project Manager Agro Solution PKT, Ardian R.D. Putera mengungkapkan, program Agroditas turut melibatkan sejumlah stakeholders di Kaltim untuk pendampingan para petani jagung Kukar, mulai dari awal pengolahan lahan hingga pasca panen.

Baca juga: PKT Proaktif Salurkan 30 Tabung Oksigen Medis ke RS Bhayangkara Balikpapan

Pendampingan meliputi penyediaan sarana produksi pertanian (saprotan) berupa bibit, pupuk dan pestisida, fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR), asuransi pertanian, hingga offtaker untuk pembelian hasil panen secara berkelanjutan.

PKT secara khusus akan melakukan pendampingan mulai awal penanaman bibit hingga pengaplikasian pemupukan sesuai standar dan prosedur bagi petani, termasuk analisis pengujian kondisi tanah untuk rekomendasi pemupukan yang sesuai dengan karakteristik lahan.

"Yang paling prinsip adalah PKT menyiapkan kebutuhan pupuk sesuai kebutuhan lahan yang tergabung dalam Agro Solution, agar hasil produksi tercapai secara optimal dengan harga jual di atas rata-rata," ujar Adrian.

Pengembangan Agro Solution untuk komoditas jagung disasar PKT setelah pendampingan serupa untuk komoditas padi di Kecamatan Loa Kulu Kukar, berhasil meningkatkan produktivitas mencapai 6 ton per hektare dari sebelumnya sekira 3-4 ton per hektare.

Hal itu menyusul keberhasilan Agro Solution yang juga telah menunjukkan hasil siginifikan di berbagai wilayah distribusi PKT, dengan peningkatan produksi rata-rata di atas 70 persen.

"Melalui Agro Solution, sektor pertanian Kukar diharap bisa lebih maksimal, sehingga peningkatan produktivitas hasil tani tidak hanya terfokus untuk padi saja tapi juga jagung," terang Adrian.

Baca juga: Program PKT Peduli Pendidikan, Pupuk Kaltim Salurkan Beasiswa Rp 22 Miliar

Adrian memastikan Agro Solution akan terus diperluas, sebagai upaya PKT dalam mendukung program pemerintah terkait ketahanan pangan nasional, sehingga peningkatan produksi hasil pertanian berbanding lurus dengan tingkat kesejahteraan dan kemandirian petani.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved