Breaking News:

Berita DPRD Kalimantan Timur

Rusman Ya’qub Sebut Informasi dan Distribusi Vaksin Perlu Perhatian Pemerintah

Anggota DPRD Kaltim Rusman Ya’qub menyampaikan tanggapan terhadap pelaksanaan vaksinasi di Kaltim yang kebanyakan dilaksanakan oleh sejumlah

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas DPRD Kaltim
Anggota DPRD Kaltim Rusman Ya'qub menyampaikan tanggapan terhadap pelaksanaan vaksinasi di Kaltim. Ia menyoroti proses pendistribusian vaksin ke Kaltim yang kebanyakan disalurkan kepada organisasi atau lembaga-lembaga non-pemerintah. 

TRIBUNKALTIM.CO - Anggota DPRD Kaltim Rusman Ya’qub menyampaikan tanggapan terhadap pelaksanaan vaksinasi di Kaltim yang kebanyakan dilaksanakan oleh sejumlah organisasi atau lembaga non-pemerintah.

Politikus PPP ini menyoroti proses pendistribusian vaksin ke Kaltim yang kebanyakan disalurkan kepada organisasi atau lembaga-lembaga non-pemerintah.

"Kalau cara-cara seperti ini dilakukan justru akan menyandera pemerintah daerah di mata rakyatnya sendiri," ujar wakil rakyat asal dapil Samarinda ini.

Baca juga: Legislatif Akan Lobi Pemerintah Pusat, Minta Kewenangan Pemprov Kaltim Belanja Vaksin Sendiri

Menurutnya, terkait keterlibatan organisasi atau lembaga di luar pemerintah dalam pelaksanaan vaksin itu sah-sah saja, namun sebatas supporting pemerintah daerah.

"Selama ini yang kita lihat praktiknya, pemerintah daerah menjadi penonton dengan organisasi itu meskipun itu untuk rakyat juga, cuma wibawa pemerintah daerah kan runtuh," katanya.

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim tersebut juga menyoroti proses pendataan vaksin secara online yang tidak bisa dijangkau oleh seluruh masyarakat, sehingga sebagian besar masyarakat hingga kini belum ada yang mengikuti vaksin.

"Persoalannya, kadang-kadang pendaftaran online itu baru di akses tiba-tiba sudah penuh kuotanya, sehingga ini memang kita lihat pola komunikasi pemerintah ke publik perlu diubah" tandasnya.

Baca juga: DPRD Kaltim Ajak Masyarakat Mengabdi dan Setia pada Negeri

Oleh karena itu, menurutnya, perlu ada mekanisme sistem atau pola dari pemerintah kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi yang konkrit terkait vaksin tersebut serta bagaimana tata kelola pendistribusian yang berpihak kepada daerah oleh pusat.

"Dengan pengelolaan sistem informasi dan pendistribusian yang baik, diharapkan program vaksinasi kepada masyarakat dapat terlayani dengan baik sesuai target," pungkasnya. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved