Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Masih Berproses, CCTV Terintegrasi ke Command Center Tarakan Dikebut

Mengenai pemasangan CCTV, Pemkot Tarakan melalui Perumda Telekomunikasi menghitung ulang biaya yang dibutuhkan untuk pemasangan CCTV di beberapa titik

TRIBUNKALTIM.CO/ANDI PAUSIAH
Pemasangan CCTV secara terintegrasi dan terpantau di command center Pemkot Tarakan siap dikebut.  TRIBUNKALTIM.CO/ANDI PAUSIAH 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN – Pemasangan CCTV secara terintegrasi dan terpantau di command center Pemkot Tarakan siap dikebut.

Mengenai pemasangan CCTV, Pemkot Tarakan melalui Perumda Telekomunikasi menghitung ulang biaya yang dibutuhkan untuk pemasangan CCTV di beberapa titik.

Dibeberkan Wali Kota Tarakan, dr Khairul, M.kes, CCTV saat ini sudah ada tersedia. Namun harus kembali dilakukan perhitungan ulang mengenai biaya pemasangan CCTV di masing-masing instalasi perumda.

“Itu yang kami masih data. Ini nanti bisa memantau seluruh aktivitas namun untuk di awal di jalur-jalur utama terlebih dahulu,” bebernya.

Saat ini, untuk pemantauan pergerakan lalu lintas ada di beberapa titik seperti di Jalan Mulawarman, Jalan Yos Sudarso. Dan itu dipasang oleh Kementerian Perhubungan dan dikoneksikan ke command center.

Baca juga: Tunjang Pelayanan Publik, Pemkot Tarakan Akan Tempatkan Command Center di Kantor Diskominfo

Ia menambahkan, untuk kerja sama dengan pihak Satlantas Polres Tarakan dalam kasus tilang juga bisa diakomodir.

“Tapi selama ini mereka juga memiliki sendiri. Tapi kalau mau bekerja sama juga bisa. Yang terpenting kan semua kegiatan bisa terpantau,” bebernya.

Dokter Khairul melanjutkan, pengoperasian command center seperti yang sudah diterapkan di luar Kaltara seperti di Bandung secara terintegrasi.

“Semua termasuk data dan banyak hal bisa dipantau. Kalau jumlahnya mungkin akan ada ratusan CCTV yang terpasang,” bebernya.

Sebenarnya lanjut Khairul, mungkin nanti konsepnya bisa terintegrasi dengan Kementerian Perhubungan, begitu juga masyarakat bisa diparalelkan agar bisa dipantau.

Baca juga: Perkuat Layanan Command Center, Kantor Diskominfo, Statistik dan Persandian Tarakan Dipindahkan

“Misalnya ada beberapa di jalan-jalan tertentu kan rata-rata mereka juga pasang CCTV, hotel dan kantor yang terpasang mengarah ke jalan besar. Nah itu bisa diakomodir. Sehingga bisa saling memantau,” bebernya.

Adapun target terwujudnya bisa terkoneksi secara keseluruhan lanjut Khairul belum bisa dipastikan.

“Sambil berjalan dulu karena ini bertahap. Juga ini kan persoalan anggaran juga. Yang penting pemasangannya di tempat utama dulu,” pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved