Breaking News:

Otomotif

Turun atau Tetap Berada di Dalam Mobil? Inilah yang Sebaiknya Dilakukan Pengendara saat Isi BBM

Mengisi bahan bakar minyak (BBM) di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) telah menjadi sebuah rutinitas bagi para pemilik kendaraan bermotor.

Editor: Diah Anggraeni
TRIBUNKALTIM.CO/ FACHMI RACHMAN
Kerap terlihat pengendara mobil yang tidak turun dari kendaraannya saat mengisi BBM di SPBU. Yuk, simak ulasan berikut ini, apakah sebaiknya pengendara mobil turun atau tidak saat isi BBM? 

TRIBUNKALTIM.CO - Mengisi bahan bakar minyak (BBM) di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) telah menjadi sebuah rutinitas bagi para pemilik kendaraan bermotor.

Meski demikian, kerap terlihat pengendara mobil yang tidak turun dari kendaraannya saat mengisi BBM di SPBU.

Kebiasaan pengendara yang tidak turun, utamanya dari mobil, dengan alasan lebih praktis dan menghemat waktu.

Lantas, bagaimana sebaiknya pengendara mobil saat mengisi BBM? Apakah turun atau tidak?

Baca juga: Jangan Gunakan Sabun Cuci Piring saat Cuci Mobil, Ini Bahayanya bagi Cat Mobil

Unit Manager Communication Relation dan CSR Pertamina MOR III, Eko Kristiawan mengatakan, tidak ada aturan untuk mewajibkan pengendara turun atau tetap di mobil saat mengisi BBM.

Namun, Eko menjelaskan turun dari mobil dianggap lebih aman untuk memudahkan evakuasi saat terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran.

"Dianjurkan untuk posisi di luar kendaraan untuk mengantisipasi apabila ada hal-hal yang perlu segera direspons," ujar Eko Kristiawan kepada GridOto.com, Rabu (25/08/2021).

Lebih lanjut, apabila kondisinya hanya memungkinkan berada di dalam mobil saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengendara.

"Kondisi menghendaki harus di dalam tentunya sesuai dengan prosedur yaitu mesin kendaraan dalam posisi mati dan tidak memainkan telepon seluler," ungkap Eko.

Ia juga menambahkan, mau pilihannya turun atau tetap berada di mobil, pengendara harus tetap waspada saat mengisi BBM.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Cek Oli Transmisi Matik Mobil? Yuk Simak Penjelasan Berikut Ini

Selain itu, Eko mengimbau agar memilih bahan bakar yang sesuai dengan dengan jenis kendaraan, tetapi juga memenuhi standar ramah lingkungan.

"Mengisi BBM yang berkualitas dan ramah lingkungan karena selain lebih sesuai dengan spesifikasi mesin, membuat mesin lebih awet tentu saja lebih sehat seperti BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo dan Pertamina Dex," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Pemilik Wajib Tahu, Isi Bensin Sebaiknya Turun atau Tetap Berada di Dalam Mobil, https://www.gridoto.com/read/222856638/pemilik-wajib-tahu-isi-bensin-sebaiknya-turun-atau-tetap-berada-di-dalam-mobil?page=all.

Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved