Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Tingkatkan Literasi Rupiah dan Jiwa Kreatif, BI Balikpapan Gelar Sekolah Peduli Rupiah

Dorong literasi rupiah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Balikpapan gelar Opening Day daring Sekolah Peduli Rupiah tahun 2021, Sabtu (28/8/21

Penulis: Bella Evanglista | Editor: Rahmad Taufiq
TANGKAP LAYAR
Tangkapan layar Kegiatan Sskolah Peduli Rupiah oleh Kpw BI Balikpapan, Sabtu (28/8/2021), menghadirkan narasumber Putri Tanjung dan presenter Dimas Danang. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Guna mendorong literasi rupiah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Balikpapan menggelar Opening Day daring Sekolah Peduli Rupiah tahun 2021, Sabtu (28/8/21).

Acara yang dibuka oleh Walikota Balikpapan, Rahmad Masud ini, turut dihadiri oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Sri Darmadi Sudibyo, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Kabupaten PPU dan Paser, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan, serta lebih dari 1.700 pelajar tingkat SD, SMP dan SMA/sederajat yang berada di Kota Balikpapan, kabupaten PPU dan Paser.

Program tahunan yang diselenggarakan oleh BI Balikpapan ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan.

Adapun kegiatan ini memiliki tujuan untuk mengkomunikasikan kebijakan BI serta memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya pelajar terkait uang rupiah dan kebanksentralan melalui rangkaian kelas edukasi dan kompetisi untuk pelajar.

Mengawali sambutannya, Kepala Perwakilan BI Balikpapan menyampaikan bahwa Program Sekolah Peduli Rupiah (SPR) pada tahun 2021 ini memiliki tema Pelajar Cinta, Bangga dan Paham Rupiah dengan cakupan peserta yang diperluas, yaitu siswa SD, SMP dan SMA/Sederajat di Kota Balikpapan, kabupaten PPU dan Paser.

Baca juga: Uang Logam Rp 100 Ribu dari Emas Viral, Bank Indonesia Benarkan Pernah Mencetak

"Program SPR 2021 mengajak para pelajar untuk dapat mengisi kemerdekaan secara aktif dan produktif, mengenal mata uang Rupiah, sekaligus menumbuhkan jiwa kompetisi sehingga mampu memiliki karakter yang cerdas, kreatif, berdaya juang, dan memiliki semangat kompetitif," ujarnya.

Sementara itu, Walikota Rahmad Mas'ud menyambut baik upaya BI Balikpapan dalam menanamkan rasa cinta, bangga dan paham terhadap mata uang Rupiah melalui kegiatan SPR.

"Di masa pandemi, diharapkan generasi muda mampu terus berkarya dan produktif. Oleh karena itu, kegiatan ini dapat menjadi motivasi dan wadah aktualisasi diri serta sarana dalam menambah wawasan," kata Walikota Balikpapan.

Pada kesempatan tersebut, ia juga secara resmi membuka program Sekolah Peduli Rupiah 2021 yang rangkaiannya akan dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus – 2 Oktober 2021.

Adapun program ini akan diisi dengan 3 agenda utama yaitu opening day, kelas online bertemakan public speaking, content creator, dan kebanksentralan serta beberapa lomba bagi pelajar.

Baca juga: Bank Indonesia Kaltara Sebut Normalisasi Harga Komoditas Bisa Bantu Lemahkan Tekanan Inflasi

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved