Breaking News:

Info BMKG

BMKG Sebut Kaltara Masuk Dalam Deretan Wilayah Kekeringan Meteorologis, Bagaimana Nunukan?

Belum lama ini Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebut Kalimantan Utara (Kaltara) masuk deretan wilayah kekeringan meteorologis

HO/Wiliam Sinaga
Peta BMKG (HO/Wiliam Sinaga) 

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Belum lama ini Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebut Kalimantan Utara (Kaltara) masuk deretan wilayah kekeringan meteorologis.

Dikutip dari Kompas.com, pantauan BMKG hingga akhir Agustus 2021, hasil monitoring perkembangan musim kemarau 2021, menunjukkan bahwa 85 persen wilayah Indonesia telah memasuki musim kemarau. 

Hal itu menyebabkan sejumlah wilayah di Indonesia juga akan mengalami Hari Tanpa Hujan (HTH).

Dari 28 wilayah yang terdampak HTH, satu di antaranya adalah wilayah Kaltara.

Kepala BMKG Klas IV Nunukan, Wiliam Sinaga, menjelaskan, wilayah Kaltara terbagi atas dua yaitu Wilayah Zona Musim (ZOM) dan wilayah non ZOM.

Baca juga: Masuk Musim Kemarau di Kaltara, tapi Pengaruh La Nina Berpotensi Terjadi Hujan Lebat hingga Mei

Lebih lanjut dia sampaikan, wilayah ZOM merupakan wilayah yang terdapat periode yang jelas antara musim hujan dengan musim kemarau.

Sedangkan, wilayah non ZOM adalah wilayah yang tidak jelas periode musim kemarau dan musim hujannya.

"Pada peta terlihat untuk Kabupaten Nunukan wilayah yang mempunyai musim adalah Nunukan bagian barat yakni wilayah Krayan. Daerah itu yang memasuki musim kemarau.

Sedangkan Kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan dan lainnya termasuk wilayah non ZOM," kata Wiliam Sinaga kepada TribunKaltara.com, Rabu (1/9/2021), pukul 12.30 Wita.

"Kalau dilihat dari peta, warna putih tidak mempunyai musim termasuk Pulau Nunukan. Kalau ada warna, baru itu masuk musim kemarau. Pulau Nunukan masuk non ZOM," ucapnya.

Baca juga: Jelang Musim Kemarau, Gubernur Kaltara Irianto Lambrie Terbitkan SK Antisipasi Karhutla

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved