Breaking News:

Berita Nasional Terkini

Hadapi Serangan Siber, Menkominfo Gelar Forum Tata Kelola Internet Asia Tenggara

World Economic Forum Tahun 2019 memperkirakan ada 44 zettabytes data di dunia digital yang rawan dengan berbagai ancaman siber

Penulis: Bella Evanglista | Editor: Budi Susilo
HO/KOMINFO RI
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) bersama Internet Governance Forum (IGF) Indonesia menggelar Forum Tata Kelola Internet Asia Tenggara (SEA IGF) 2021 pada Rabu (1/9/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - World Economic Forum Tahun 2019 memperkirakan ada 44 zettabytes data di dunia digital yang rawan dengan berbagai ancaman siber.

Di Indonesia sendiri, setidaknya terdapat lebih dari 741 juta serangan siber yang ditemukan oleh Badan Siber dan Sandi Negara sejak Januari hingga Juli 2021.

Temuan tersebut setara dengan 40 serangan siber per detik.

Mengingat tingginya serangan siber pada aktivitas di dunia maya, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) bersama Internet Governance Forum (IGF) Indonesia menggelar Forum Tata Kelola Internet Asia Tenggara (SEA IGF) 2021 pada Rabu (1/9/2021).

Baca juga: Tips bagi Perempuan agar Aman Menggunakan WhatsApp, Wapada Serangan Kejahatan Siber

Dalam pidato pembukaan SEA IGF, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, menegaskan arti penting dari peran antarpemangku kepentingan dalam mengantisipasi ancaman dan serangan siber.

Selain serangan siber, ada ancaman lain di internet seperti ujaran kebencian, gangguan informasi, dan banyak lainnya.

"Yang membutuhkan upaya kolektif kita untuk memastikan keamanan di dunia digital,” ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved