Breaking News:

Berita Paser Terkini

Simpan 2 Senpi Rakitan Hasil Gadai, Pria di Paser Diamankan Polisi

Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Paser, mengamankan seorang warga di Kecamatan Muara Komam, yang menyimpan senjata api (Senpi) rakitan

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Buyung (35), pemilik Senjata Api (Senpi) rakitan yang diamankan bersama barang bukti miliknya oleh Satreskrim Polres Paser.TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER- Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Paser, mengamankan seorang warga di Kecamatan Muara Komam, yang menyimpan senjata api (Senpi) rakitan dengan kaliber 5,56 millimeter.

Dari pengakuan Buyung (35), Senpi rakitan itu didapatkan dengan cara menerima gadai dari temannya, yang tidak ditebus 2019 lalu, Kamis (2/9/2021).

Kasat Reskrim Polres Paser, AKP Dedik Santoso membeberkan, terbongkarnya penyimpanan Senpi tersebut setelah pihak kepolisian mendapat informasi dari warga sekitar.

"Dari hasil penggeladahan, ditemukan 2 senjata api rakitan, yang terbuat dari besi dengan gagang kayu, dengan panjang sekira 90 dan 70 centimeter," terang Dedik.

Selain itu, juga ditemukan 2 butir peluru dengan 5,56 mm yang disimpan di dalam plastik.

Baca juga: Oknum Aparat Ngamuk Bawa Senpi di RSUD Nunukan, Kapolres: Akan Diberi Sanksi Disiplin

Buyung berhasil diamankan di kediamannya pada pada Senin, 30 Agustus 2021 lalu sekira pukul 15:30 WITA oleh jajaran Reskrim Polres Paser, bersama Kapolsek Muara Komam dan Batu Sopang.

"Saat penggeledahan, satu Senpi disimpan di pojok kamar mandi yang ukurannya 90 cm dan yang satunya disimpan di bawah kolong rumah dengan ukuran 70 cm," terang Dedik.

Motif dari tersangka, sambungnya, dengan alasan ekonomi sehingga Senpi rakitan itu hanya digunakan untuk  berburu binatang seperti kijang, kancil dan binatang lainnya.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, Buyung disangkakan pasal 1 ayat (1) UU Darurat Nomo 12, Tahun 1951.

Baca juga: Tak Terima Keluarganya Meninggal Akibat Positif Covid-19, Oknum Aparat di Nunukan Ngamuk Bawa Senpi

"Disangkakan mengenai tindak pidana menguasai, membawa, mempunyai persediaan padanya atau mempunyai dalam miliknya, menyimpan, mengangkut, menyembunyikan sesuatu senjata api, amunisi atau sesuatu bahan peledak tanpa ijin," pungkas Kasat Reskrim Polres Paser. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved