Breaking News:

Berita Kukar Terkini

Wabup Kukar Ingin Swasta Dukung Industri Pariwisata untuk Meningkatkan Perekonomian Warga

Senyum warga di sekitar Pantai Ambalat, Kelurahan Amborawang Laut, Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tak bisa disembunyikan

Penulis: Aris Joni | Editor: Mathias Masan Ola
TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI
Wabup Kukar Rendi Solihin saat menghadiri program TJSL dari PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (PLN UP2D) Kaltimra di pesisir Kukar.┬áTRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Senyum warga di sekitar Pantai Ambalat, Kelurahan Amborawang Laut, Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tak bisa disembunyikan.

Infrastruktur pantai yang semakin baik menjadi angin segar peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar. Kondisi ini tak lepas dari komitmen Pemkab Kukar mengembangkan sektor pariwisata.

Bertempat di Pantai Ambalat pada Rabu, (1/9/2021) kemarin salah satu program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) dari PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (PLN UP2D) Kaltimra terelalisasi di pesisir Kukar.

Komunikasi yang baik dan terbuka di masa Kepemimpinan Bupati Kukar Edi Damansyah dan Wabup Kukar Rendi Solihin, membuat dunia usaha menaruh perhatian besar terhadap pembangunan di Kukar.

Wabup Kukar, Rendi Solihin menghadiri penyaluran program unggulan salah satu BUMN tersebut.

Baca juga: PLN Salurkan TJSL Rp 560 Juta, Bangun Fasilitas Kawasan Wisata Pantai Ambalat

Wabup Kukar Rendi Solihin merupakan putra asal pesisir Kukar yang memiliki latar belakang pengusaha muda. Salah satu program kemandirian warga yang ingin ia gaungkan yaitu pengembangan sektor industri pariwisata.

Salah satunya, potensi wisata pesisir yaitu Pantau Ambalat tersebut. Ia mengaku optimistis destinasi wisata alam seperti Pantai Ambalat ini akan tumbuh menjadi destinasi pilihan wisatawan.

Meskipun letaknya cukup jauh dari jalan poros utama Samboja, namun Pantai Ambalat memiliki daya tarik karena letak geografisnya, antara lain lokasi yang dapat digunakan untuk melihat sunrise dan sunset serta lokasi pantai yang langsung berhadapan langsung dengan Laut Selat Makassar.

Pantai Ambalat lokasinya begitu strategis karena berada di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II yang menjadi jalur pelayaran internasional. Ia pun mengapresiasi bantuan TJSL dari PLN berupa pembangunan infrastruktur pariwisata di Pantai Ambalat, serta penyambungan listrik di kawasan tersebut.

Baca juga: Main di Pantai Sih Biasa Tapi Coba Dulu Kemping Bermalam di Pantai Ambalat Samboja Kutai Kartanegara

"Secara otomatis ini akan membuat perekonomian masyarakat pesisir, khususnya di Samboja ini akan tumbuh. Kolaborasi dengan dunia usaha seperti ini yang terus kita dorong," kata Rendi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved