Breaking News:

Berita Pemprov Kalimantan Timur

Empat Kabupaten di Kaltim Masuk Tiga Besar Lomba BUMDes

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim HM Syirajuddin mengatakan, lomba Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tingkat

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humasprov Kaltim
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kaltim HM Syirajuddin menjelaskan kepada media terkait Lomba BUMDes Tingkat Provinsi Tahun 2021. 

TRIBUNKALTIM.CO - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim HM Syirajuddin mengatakan, lomba Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tingkat Provinsi Kaltim 2021 sudah masuk tahap penilaian lapangan.

Penilaian untuk BUMDes yang lolos kategori pengelolaan keuangan dan aset dan kategori BUMDes terbaik dalam inovasi.

"Sebenarnya kegiatan lomba sudah dimulai sejak bulan Juli lalu, dan sudah menyurati tujuh kabupaten di Kaltim untuk mengutus BUMDes terbaiknya. Dan setelah dokumen diterima DPMPD, selanjutnya dilakukan evaluasi terhadap dokumen-dokumen dari perwakilan masing-masing kabupaten, pada tanggal 26 Juli 2021. Namun, karena pandemi dan masing-masing kabupaten menerapkan PPKM Level 4, maka dokumen baru bisa diseleksi pada tanggal 23 Agustus kemarin," jelasnya.

Baca juga: Bawa Pesan Damai, Gubernur Isran Hadiri Musda Bubuhan Banjar

Kemudian BUMDes yang masuk tiga besar akan dilakukan visitasi atau kunjungan ke lapangan, yaitu Kabupaten Paser, Kutai Barat, Kutai Kartanegara dan Kutai Timur yang akan dilaksanakan pada tanggal 5-6 September 2021.

Ia sendiri yang akan menjadi ketua tim penilai dari kegiatan lomba BUMDes tahun ini.

Sedangkan anggota dari masing-masing bidang di DPMPD Kaltim yaitu bidang kawasan pedesaan, usaha ekonomi menengah, sumber daya alam serta bidang teknologi tepat guna.

"Diharapkan, BUMDes yang sudah masuk tiga besar, terus mempersiapkan diri semaksimal mungkin, karena tim penilai akan melakukan peninjauan lapangan untuk memastikan dokumen yang dikirim sesuai fakta di lapangan. Dan riil adanya sesuai apa yang telah dinilai," pesannya.

Ditambahkan, penilaian BUMDes dimaksudkan sebagai pembinaan pemerintah provinsi kepada BUMDes yang ada di Provinsi Kaltim agar pengelolaannya terus bersemangat dan mencari terobosan baru atau inovasi, sehingga makin maju dan pada akhirnya masyarakat desa bisa sejahtera.

"Masing-masing BUMDes diminta mempersiapkan paparan dan dokumen-dokumen penting sesuai dengan kondisi sebenarnya," imbuhnya.

Baca juga: Gubernur Kaltim Minta Tetap Disiplin Terapkan Prokes, Tiga Daerah Turun ke Level 3

Pengumuman pemenang akan dilaksanakan sekitar akhir September ini.

"Kita harapkan pelaksanaan lomba BUMDes tahun berjalan lancar. Bagi daerah yang belum masuk kategori diharapkan dapat menjadi pemacu untuk lebih bekerja maksimal dalam memajukan BUMDes masing-masing dan yang sudah berhasil harus terus berkreasi," tutup Iyad, sapaan akrabnya. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved