Breaking News:

Virus Corona di Kaltim

PKK Kaltim Gelar Vaksinasi Ibu Hamil dan Lansia di Samarinda, 15 Menit Pendaftaran Langsung Penuh

Tim Penggerak PKK Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar vaksinasi, Rabu (8/9/2021). Vaksinasi tersebut ditujukan bagi ibu hamil, nifas, lansia dan umum

TRIBUNKALTIM.CO/JINO PRAYUDI KARTONO
Suasana Ruang Vanda Gedung TP PKK Kaltim, Rabu (8/9/2021). Sekitar 60 ibu hamil mengikuti vaksinasi tersebut. TRIBUNKALTIM.CO/JINO PRAYUDI KARTONO 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Tim Penggerak PKK Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar vaksinasi, Rabu (8/9/2021). Vaksinasi tersebut ditujukan bagi ibu hamil, nifas, lansia dan umum.

Digelarnya vaksinasi di ruang Vanda gedung TP PKK Kaltim, masyarakat penerima vaksin patuh dan taat terhadap protokol kesehatan. Tidak ada kerumunan sampai padat selama vaksinasi berlangsung. Para penerima vaksin pun diberikan kursi yang berjarak.

Ketua TP PKK Kaltim Norbaiti mengatakan kegiatan pagi ini sangat sukses. Meskipun cuaca hujan deras, tidak membuat semangat peserta vaksin turun.

Bahkan ia akui pendaftaran secara online beberapa hari terakhir ini langsung penuh. "Beberapa hari lalu ketika kami buka pendaftaran online, 15 menit saja langsung penuh," kata Norbaiti.

Norbaiti mengatakan vaksinasi kali ini juga diikuti 60 ibu hamil. Mengapa PKK memilih target ibu hamil, karena hingga saat ini kematian ibu hamil masih sangat tinggi di Indonesia, juga Kaltim.

Baca juga: Kadinkes Kutai Timur Buka Program Vaksinasi PT Indexim Coalindo di Kaliorang

Baca juga: Pesantren di Balikpapan jadi Sasaran Vaksinasi Merdeka, Disaksikan Presiden Jokowi via Virtual

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Kalangan Pelajar di Kutai Timur, Dinkes Prioritas Kawasan Sangatta Dahulu

"Risiko terpapar Covid-19 itu sama. Tapi bila sudah terpapar, risiko ibu hamil itu akan lebih berat. Apalagi ada dua nyawa yang harus kita selamatkan di sana," kata istri Isran Noor ini.

Vaksinasi yang digelar TP PKK Kaltim bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kaltim dan Dinas Kesehatan Samarinda itu diberikan kepada 500 penerima vaksin. Rencananya, Kamis besok vaksinasi kembali disiapkan 600 dosis lagi.

Sementara Ketua Perkumpulan Obsetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Kaltim Kaltara dr Handi Wiradarma yang juga hadir dalam vaksinasi tersebut mengungkapkan dari penelitian di seluruh dunia, vaksinasi untuk ibu hamil sangat aman.

Dijelaskan Handi, saat kehamilan umumnya daya tahan tubuh menurun. Maka kondisinya akan semakin berat jika ibu hamil terpapar Covid-19. Karena itu POGI menyarankan agar ibu hamil mengikuti vaksinasi Covid-19 agar memiliki kekebalan terhadap kemungkinan serangan virus ini.

Baca juga: Polri dan Staf Khusus Presiden RI Gelar Vaksinasi di Samarinda, Sasar Pesantren dan Rumah Ibadah

Berikut update Covid-19 di Kaltim hari ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved