Berita Berau Terkini

Slot Penerbangan Bandara Kalimarau Berau Bertambah Meski PPKM Masih Berlangsung

saat ini keberangkatan dan kedatangan terbagi menjadi dua slot penerbangan. Yakni pada keberangkatan di pagi hari dan siang hari.

TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI
Aktivitas Bandar Udara Kalimarau Berau diakui membaik walaupun penerapan PPKM Level 3 masih berlangsung. TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI 

TRIBUNKALITM.CO, TANJUNG REDEB - Aktivitas Bandara Kalimarau Berau setelah melewati PPKM Level 4, diakui membaik.

Kepala BLU UPBU Kelas I Kalimarau, Bambang Hartanto menjelaskan saat ini keberangkatan dan kedatangan terbagi menjadi dua slot penerbangan. Yakni pada keberangkatan di pagi hari dan siang hari.

Sebelumnya, Ia mengakui hanya satu penerbangan saja yang beroperasi. Sebab, beberapa aturan di PPKM Level 4 kemarin masih terlalu baru untuk diterima di masyarakat.

“Sekarang di tengah penerapan Level 3, sudah cukup lumayan membaik. Ada penerbangan rute Berau- Balikpapan dan Berau direct Surabaya yang dibuka oleh Lion Group,” ungkapnya kepada Tribunkaltim.co, Rabu (8/9/2021).

Kendati pergerakan pesawat, biasanya sebanyak 8 kali dengan melayani 700 penumpang per hari saat pandemi covid-19.

Baca juga: Jadwal Penerbangan Bandara Kalimarau Berau Tambah 2 Slot, meskipun PPKM Lanjut

Baca juga: Besok, Vaksinasi Massal akan Digelar di Bandara Kalimarau Berau, Siapkan 20.000 Vaksin

Baca juga: STRP Tak Lagi Jadi Syarat Penerbangan bagi Penumpang di Bandara Kalimarau Berau

Bambang belum bisa mengatakan lebih lanjut berapa jumlah penumpang perharinya di penerapan PPKM Level 3, sebelum itu di PPKM Level 4 rerata penumpang sebanyak 100-150 per hari. Ia mengakui angka tersebut tentu bertambah.

Adanya penambahan slot penerbangan pun, diakui Bambang sesuai dengan pasar yang tersedia. Serta masyarakat jauh lebih fleksibel dengan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Kalau aturan kami masih mengacu dengan penggunaan kartu vaksin, minimal suntikan dosis pertama dan penggunaan PCR, sejauh ini belum berubah. Kami masih berkomitmen dengan aturan masyarakat,” tegasnya.

Jika animo penerbangan bisa semakin membaik, tidak menutup kemungkinan maskapai lain bisa ikut membuka kembali slot penerbangan.

Padahal, sebelum PPKM berlangsung, wacana Air Asia untuk direc Berau-Balikpapan akan masuk ke Berau.

Baca juga: Harus Tunjukkan Hasil Tes PCR, Sejumlah Calon Penumpang di Bandara Kalimarau Berau Gagal Berangkat

Bambang membeberkan, dalam keadaan normal maskapai Garuda Indonesia, Batik Air, Sriwijaya Air hingga Susi Air aktif beroperasi. Tetapi untuk sementara, pihak maskapai melihat pasar dan peluang di tengah pandemi yang berlangsung.

“Ini rencananya Susi air juga akan aktif kembali, tapi masih berupa wacana dulu, masih belum pasti. Harus melihat animo masyarakat juga,” ungkapnya.

Bagi pihaknya, dengan adanya aturan penggunaan vaksinasi dan tes PCR bukan memberatkan masyarakat. Tetepi pemerintah dengan perhitungan yang matang sedang mencoba untuk mengurangi penyebaran virus corona.

“Saya rasa dengan adanya aturan yang berlaku, tentu sudah melalui pertimbangan lain-lain dari pemerintah. Tidak ada aturan yang berujung tidak baik ya,” tuturnya.

Sejauh ini, pihaknya dibantu oleh KKP untuk proses screening dokumen kesehatan sebelum keberangkatan.

“Tidak ada aturan yang kami ubah, mutlak mengikuti pemerintah untuk operasional kami,” tuturnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved