Breaking News:

Virus Corona di Kutim

Dinkes Kutim Kerjasama dengan Rumah Sakit Swasta untuk Vaksinasi Covid-19 Ibu Hamil

Untuk mengurangi resiko kematian ibu hamil atau melahirkan karena Covid-19, vaksinasi mulai diberikan kepada ibu-ibu hamil

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/SYIFAUL MIRFAQO
Vaksin Sinovac, Dinkes Kutai Timur kini mulai memberikan vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac kepada ibu hamil. TRIBUNKALTIM.CO/SYIFA'UL MIRFAQO 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Untuk mengurangi resiko kematian ibu hamil atau melahirkan karena Covid-19, vaksinasi mulai diberikan kepada ibu-ibu hamil di Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin jenis Sinovac dan diberikan kepada ibu dengan usia kehamilan 14 minggu ke atas.

Kepala Dinas Kesehatan Kutai Timur, dr Bahrani Hasanal mengatakan bahwa pihaknya menggelar vaksinasi ini bekerjasama dengan Rumah Sakit swasta.

"Kita bekerjasama dengan Rumas Sakit Medika Sangatta untuk memberikan vaksin kepada ibu-ibu yang sedang hamil," ujarnya TribunKaltim.co, Kamis (9/9/2021).

Baca juga: PPKM di Kutim Turun Level 3, Bupati Minta PTM Jangan Serta Merta Diterapkan

Baca juga: Dukung PTM, Pemkab Kutim Beri Vaksin buat Pelajar, Tingkat SMP hingga Mahasiswa Dapat Jatah Sinovac

Baca juga: Kasus Covid-19 di Kaltim Alami Penurunan, Jumlah Kasus Sembuh Paling Tinggi Terjadi di Kutim

Menurutnya, ibu hamil saat ini termasuk dalam kelompok prioritas yang boleh menerika baksin karena rentan terhadap penularan Covid-19.

Kendati demikian, Bahrani menegaskan hanya ibu hamil yang usia kandungannya di atas 14 minggu yang boleh mendapatkan suntikan vaksin.

"Syaratnya di atas trimester kedua atau sudah lebih 14 minggu usia kandungan, dan juga tidak demam atau tekanan saat penyuntikan," ucapnya.

Dari teknis penyuntikan, mantan direktur RSUD Kudungga tersebut mengatakan tidak ada yang berbeda dengan vaksin terhadap golongan lain.

Baca juga: Update Covid-19 Kutim Rabu 1 September 2021, Tersisa 900 Kasus Aktif, 64 Pasien Sembuh

Persyaratan untuk daftarnya pun sama, hanya membutuhkan foto Kartu Tanda Penduduk yang dikirimkan ke kontak person penyelenggara.

"Syaratnya foto KTP saja, dikirim ke nomor vaksinator," tuturnya.

Sebanyak 400 vaksin disediakan oleh Dinkes Kutim untuk pelaksanaan yang menyasar kepada ibu hamil ini.

Untuk diketahui, vaksinasi ibu hamil berlangsung pada Jumat tanggal 10 September 2021 mulai pukul 09.00 Wita sampai dengan pukul 14.00 Wita.

Baca juga: Update Covid-19 Kutim, Rabu 25 Agustus 2021, Pasien Sembuh Meningkat, Kasus Aktif Terus Menyusut

Lokasi vaksin berada di Rumah Sakit Medika Sangatta, tepatnya di Jalan Yos Sudarso IV Kelurahan Teluk Lingga, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved