Breaking News:

PHKT Gelar Pelatihan Kreasi Daur Ulang Sampah di Kecamatan Marangkayu

PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) menggelar pelatihan Kreasi Sampah guna meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk mendaur ulang sampah rumah

Editor: Diah Anggraeni
HO/PHKT
Pelatihan kreasi sampah gelaran PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum Desa Kersik, Minggu (29/8/2021). 

TRIBUNKALTIM.COPT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) menggelar pelatihan kreasi sampah guna meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk mendaur ulang sampah rumah tangga, khususnya sampah anorganik menjadi kerajinan.

Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Bank Sampah Kersik Berseri dan Bank Sampah Darma Bhakti Balikpapan yang menghadirkan instruktur, Prayitno.

Pelatihan berlangsung di gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Kersik, pada Minggu (29/8/2021), diikuti 28 peserta anggota Bank Sampah Kersik berseri dan sejumlah ibu Desa Kersik, Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Baca juga: Pemprov Kaltim Apresiasi Komitmen PHKT untuk Kelestarian Lingkungan

Pada acara pembukaan hadir pula perwakilan Manajemen PHKT, Kepala Desa Kersik, Kepala Dusun RT 1 dan RT 2 Desa Kersik, dan Ketua Bank Sampah Kersik Berseri.

Kepala Desa Kersik Jumadi, menyampaikan terima kasihnya kepada PHKT yang memberikan solusi terhadap perbaikan lingkungan khususnya di Desa Kersik melalui kegiatan CSR di wilayahnya.

"Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan masyarakat menjadi mandiri dan lebih maju dan menjadi
SDM yang tangguh dan solid, mempunyai komitmen untuk lebih peduli terhadap lingkungan melalui
pengelolaan sampah," kata Jumadi.

Selanjutnya Ketua Bank Sampah Kersik Berseri, Sumarlin, mengajak masyarakat agar berpartisipasi dalam upaya yang didukung PHKT ini.

"Mari kita terus berlatih, dan memanfaatkan peralatan operasional dan administratif yang disediakan, agar masyarakat lebih baik lagi dalam melestarikan lingkungan terutama dalam mengelola sampah yang dapat memberikan nilai ekonomis. Semoga Bank Sampah Kersik Berseri dapat berkontribusi terhadap perbaikan lingkungan Desa Kersik dan menjadi percontohan pengelolaan sampah di desa-desa lainnya," ucap Sumarlin.

Mewakili manajemen PHKT, Officer ComRel & CID Zona 10, Asih Soenarih menyampaikan dengan adanya pelatihan kreasi sampah ini, diharapkan masyarakat mau mendaur ulang sampah sehingga akan memberikan kontribusi terhadap kelestarian lingkungan, dan mengurangi jumlah sampah yang masuk ke tempat pemrosesan akhir (TPA).

"Secara ekonomi ada manfaat dari daur ulang yang dapat dirasakan masyarakat yaitu dengan memproduksi serta menjual produk yang dihasilkan seperti tas dan keranjang," katanya.

Baca juga: PHKT Rencana Kembangkan Migas di Muara Sembilang, Bupati Kukar Minta Perhatikan Lingkungan Hidup

PHKT, sebagai anak perusahaan PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) Subholding Upstream Zona 10, konsisten menjalankan kegiatan CSR pada pilar lingkungan dan mendukung masyarakat di sekitar wilayah kerjanya.

Dukungan terhadap Bank Sampah Kersik Berseri selama ini berbentuk: pelatihan, pengadaan peralatan penunjang operasional seperti mesin pencacah sampah, mesin cocopeat (pengurai serabut kelapa), tempat sampah terpilah sebanyak 60 unit untuk disebar di berbagai titik Desa Kersik, dan pembuatan rumah penyimpanan mesin dan sampah yang sudah terpilah. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved