Breaking News:

Berita Kaltim Terkini

Wahyullah Terpilih Jadi Ketua IAI Kaltim, Siap Dukung Rencana Pembangunan IKN di Kalimantan Timur

Arsitek Wahyullah Bandung terpilih menjadi Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Kaltim melalui Musprov V IAI Kaltim di Hotel Ibis Samarinda, Sabtu

Editor: Mathias Masan Ola
HO/IAI Kaltim
Para arsitek anggota IAI Kaltim mengikuti Musprov IAI Kaltim di Hotel Ibis Samarinda, Sabtu (11/9/2021). Pengurus baru IAI Kaltim akan mengusahakan keterlibatan arsitek lokal Kaltim di proyek IKN, serta menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan arsitek muda Kaltim. HO/IAI Kaltim 

TRIBUNKALTARA.COM, SAMARINA – Arsitek Wahyullah Bandung terpilih menjadi Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Kalimantan Timur melalui Musprov V IAI Kaltim di Hotel Ibis Samarinda, Sabtu (11/9/2021).

Ketua IAI Balikpapan ini dalam proses pemilihan ketua memperoleh 45 suara dukungan, unggul dari kandidat lain, yakni Kurnia memperoleh 3 suara, dan Bayu 6 suara.

Musprov V IAI Kaltim dibuka Sekda Provinsi Kaltim M. Sabani juga Webinar tentang Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur menghadirkan narasumber utama juara sayembara design IKN Sibarani Sofyan dari URBAN +.

Kali ini, Musprov V IAI Kaltim mengusung visi menjadi satu-satunya organisasi profesi arsitek di Kaltim yang modern, profesional, mandiri, terbuka, dan membawa khazanah arsitektur tradisonal Kaltim ke pertemuan arsitek dunia.

Dalam sambutannya usai terpilih, Wahyullah mengatakan, masyarakat bisa berkonsultansi dengan Arsitek yang telah memiliki Surat Tanda Registrasi Arsitek (STRA), dan Lisensi/Izin Praktik Arsitek sepertl layanan profesi dokter dan notaris.

Baca juga: Arsitektur Politeknik Negeri Samarinda Turut Melestarikan Budaya Asli Kaltim

Baca juga: Masjid Muhammad Cheng Hoo Kutai Kartanegara, Arsitektur ala Tiongkok Jadi Tempat Singgahnya Musafir

Baca juga: NEWS VIDEO Desain Istana Negara Baru Diprotes Asosiasi Arsitek Tanah Air

Hal itu akan memberikan perlindungan dan kepastian layanan pengguna jasa profesi arsitek untuk masyarakat sesuai UU No.6 tahun 2017 tentang Arsitek.

Sebelumnya, dalam video paparan misinya, alumni Universitas Hasanudin, Makassar ini siap mewujudkan IAI Kaltim sebagai organisasi yang melayani anggota, melindungi praktik Arsitek, dan sekaligus memberikan perlindungan pengguna jasa arsitek di Kaltim.

IAI Kaltim juga akan bersinergi dengan Pemprov mewujudkan penerapan STRA dan lisensi (SIBP) Arsitek.

Pengembangan Perguruan Tinggi Arsitektur Pendidikan dan pemagangan arsitektur di seluruh wilayah Kaltim juga menjadi hal yang tidak kalah pentingnya.

Misi lain, membangun dan menjaga kesejawatan profesi arsitek dalam bingkai profesionalisme, dan kemajuan bersama, serta menjadi dinamisator penggerak menghadapi persaingan global dan praktik arsitek lintas batas.

Baca juga: NEWS VIDEO Terungkap Desain Rumah Mewah Ayu Ting Ting, Arsitek Jerry Sebut Dibikin Keren

“Dan, pada akhirnya IAI Kaltim mendukung terwujudnya perencanaan dan pembangunan IKN di Kaltim, serta ikut menjaga kelestarian lingkungan dan kekayaan budaya arsitektur tradisional Kaltim,” tuturnya.

Adapun program kerja yang akan segera dilaksanakan di masa kepengurusannya, Wahyullah mengatakan, akan, memberikan pelayanan STRA dan Lisensi/SIBP Arsitek Kaltim cepat, transparan, dan tepat waktu berbasis digital.

Menggali dan mempromosikan budaya dan arsitektur Kaltim ke pertemuan arsitek skala internasional, mewujudkan Sekretariat IAI representatif dan nyaman, menyajikan layanan informasi dan kegiatan arsitektur Kaltim berbasis teknologi dan media online.

IAI Kaltim juga akan bekerjasama dengan seluruh perguruan tinggi arsitektur di Kaltim untuk pendidikan dan pemagangan mahasiswa kampus merdeka. Menyelenggarakan penataran kode etik keprofesian dan strata berkala dan berkesinambungan.

“IAI Kaltim ke depan akan mengusahakan keterlibatan arsitek lokal Kaltim di proyek IKN, serta menyelenggarakan kegiatan-kegiatan arsitektur yg melibatkan arsitek muda Kaltim,” tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved