Breaking News:

Berita Balikpapan Terkini

83 SMP di Balikpapan Gelar Simulasi Ujian Tatap Muka, 45 Siswa Jadi Sampling Tiap Sekolah

Dinas Pendidikan Kota Balikpapan menggelar simulasi pembelajaran tatap muka di sejumlah sekolah. Simulasi itu dalam rangka kegiatan asesmen nasional

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Simulasi dalam rangka kegiatan asesmen nasional berbasis komputer atau Assessment Kompetensi National (AKN) di SMPN 6 Balikpapan, Senin (13/9/2021). TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Dinas Pendidikan Kota Balikpapan menggelar simulasi pembelajaran tatap muka di sejumlah sekolah.

Simulasi itu dalam rangka kegiatan asesmen nasional berbasis komputer atau Assessment Kompetensi National (AKN).

Berdasarkan informasi yang dihimpun TribunKaltim.co, ada 83 SMP yang mengikuti kegiatan asesmen ini, dengan jumlah 3.018 peserta simulasi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Balikpapan, Muhaimin kepada wak media.

“Hari ini seluruh SMP di Kota Balikpapan melaksanakan simulasi. Kemudian untuk besok kelas 5, juga melakukan simulasi AKM,” katanya, Senin (13/9/2021).

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Pelajar di Balikpapan, Presiden RI Jokowi Harap PTM Segera Terealisasi

Baca juga: 4 Sekolah di Bontang Gelar PTM Terbatas Mulai Hari Ini, Murid Dibatasi 15 Orang dan Belajar 3 Jam

Baca juga: Belum Diizinkan Gubernur Kaltim, Pelaksanaan PTM Tingkat SMA/SMK di Bontang Belum Bisa Digelar

Ia menjelaskan, untuk tingkat SMP, pihaknya membatasi jumlah peserta didik yang terlibat dalam pelaksanaan simulasi.

Sebanyak 45 siswa dengan 5 siswa cadangan yang duduk di bangku kelas 8, terbagi ke dalam dua sesi mulai tanggal 13 sampai tanggal 17 September 2021.

Sedangkan untuk tingkat SD, dibatasi sebanyak 35 siswa kelas 5 yang dilaksanakan mulai tanggal 14 -15 September 2021 di tiga wilayah dan 16 – 17 September 2021 di tiga wilayah.

“Asesmen kompetensi nasional ini merupakan pengganti ujian nasional yang sudah mulai diberlakukan nanti, makanya kita lakukan simulasi sekarang," jelasnya.

Sementara itu, Pengajar Informatika SMPN 6 Balikpapan, Basuki Aryanto mengatakan pelaksanaan asesmen nasional berjalan lancar.

Ia berharap, di sekolah lain juga mengalami hal yamg sama dan akan berlanjut sukses hingga nanti pelaksanaannya di bulan Oktober.

Baca juga: PTM Terbatas di SDN 001 Sebatik Timur Sudah Berjalan 2 Pekan, Kadisdibud Sebut Pulau Nunukan Belum

"Yang jelas ujian ini akan berpengaruh kepada kebijakan sekolah. Untuk peserta di setiap sekolah server pusat yang melakukan sampling langsung," imbuhnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved