Breaking News:

Berita Kukar Terkini

Bupati Kukar Apresiasi Inovasi Diarpus Bentuk Pondok Kesah Ayumi, Ini Penjelasan Edi Damansyah

Bupati Kukar Edi Damanyah menghadiri launching Pondok Kesah Ayumi (Arsip yang unik menyampaikan Informasi) yang dibentuk Dinas Kearsipan

Penulis: Aris Joni | Editor: Mathias Masan Ola
TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI
Bupati Kukar Edi Damansyah saat berdiaog pada acara Launching Pondok Kesah Ayumi Diarpus Kukar, Senin (13/9/2021). TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Bupati Kukar Edi Damanyah menghadiri launching Pondok Kesah Ayumi (Arsip yang unik menyampaikan Informasi) yang dibentuk Dinas Kearsipan dan Perpustakan (Diarpus) Kukar.

Dalam launching Pondok Kesah Ayumi tersebut Bupati Kukar Edi Damansyah mengikuti dialog informasi bersama dengan beberapa instansi OPD dan Kecamatan secara virtual.

Tak hanya itu, Bupati Kukar Edi Damansyah juga meninjau pameran kearsipan pelestarian dan penyelamatan arsip foto tahun 2014-2019 se-Kukar.

Bupati Kukar, Edi Damansyah mengungkapkan, Pondok Kesah Ayumi tersebut merupakan kepanjangan dari Arsip Yang Unik Menyampaikan Informasi dan pemerupakan inovasi dari Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan Diarpus Kukar, Aji Yuli Midriani saat mengikuti PIM 3.

“Karena tiap peserta yang mengikuti PIM 3 itu memang diminta membuat satu pilot perubahan atau program,” ujarnya. Senin (13/9/2021).

Baca juga: Raih Penghargaan Kearsipan Nasional, Kukar Peringkat 12 Nasional dengan Predikat Sangat Memuaskan

Baca juga: Tingkatkan Kapasitas SDM, Pemkab Kukar Gelar Bimtek Kearsipan

Baca juga: Terima Laporan Hasil Audit Kearsipan Internal, Chairil Ingatkan OPD Kelola Arsip dengan Baik

Lanjut Edi, dirinya memberikan penghargaan yang tinggi kepada pihak yang menginisiasi program tersebut, karena dari diklat kepemimpinan tersebut, inovasinya dapat diimplementasikan di Diarpus Kukar.

“Ini sudah kita launching, ada aplikasinya juga dan sistemnya sudah terbangun dengan baik,” ungkapnya.

Edi juga mengajak, semua organisasi perangkat daerah (OPD) dan masyarakat yang memiliki arsip foto lama dan bersejarah dapat diinformasikan ke Diarpus Kukar untuk digandakan dan didokumentasikan oleh pemerintah Kukar.

“Jangan smpai kita abai lagi dengan arsip. Karena, banyak perjalanan ini minim dokumennya, seperti kalau adanya gugatan terkait lahan di beberapa sekolah di kecamatan-kecamatan. Kita minim dokumennya, harus cari orang yang menghibahkannya dulu,” jelasnya.

Ia menambahkan, dokumen dan arsip sangat penting bagi pemerintah Kukar, karena dokumen dan arsip tersebut berguna untuk mengamankan aset-aset pemerintah Kabupaten Kukar.

Baca juga: Dorong Peningkatan SDM, DPRD Balikpapan Godok Raperda Sistem Kearsipan Digital

Bahkan, Kukar juga telah mendapatkan kategori terbaik soal pembenahan arsip dalam kinerjanya.

“Mari kita pertahankan dan tingkatkan kearsipan dan dokumen kita,” pungksnya.(*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved