Breaking News:

Ibu Kota Negara

KABAR GEMBIRA! Inilah Infrastruktur Ibu Kota Negara di Kaltim yang Ditargetkan Sudah Rampung di 2024

Apa saja? sejumlah infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kaltim ditatgetkan sudah rampung di taun 2024 mendatang

Editor: Doan Pardede
Kompas.com/Fitria Chusna Farisa
(ilustrasi) Foto tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden: konsep desain ibu kota baru Nagara Rimba Nusa, pemenang sayembara Kementerian PUPR. Sejumlah infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kaltim ditatgetkan sudah rampung di taun 2024 mendatang,  

TRIBUNKALTIM.CO - Sejumlah infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kaltim ditatgetkan sudah rampung di taun 2024 mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Bidang Infrastruktur Dasar Permukiman (Tim Satgas PPI-IKN) Antonius Budiono dalam Webinar “Ibu Kota Negara, Suatu Perancagan Urban dan Arsitektur”, Sabtu (11/9/2021).

“Perencanaan Masterplan dan tata ruang IKN dilakukan secara bersamaan sejak awal 2020. Namun ketika pandemi Covid-19 berlangsung, proses di lapangan juga tertunda,” jelas Antonius Budiono, seperti dilansir Kompas.com.

Proses pembangunan infrastruktur di IKN akan dilakukan secara bertahap sehingga kemungkinan sebagian infrastruktur bisa selesai pada tahun 2024.

Baca juga: Tingginya Kalahkan Monas, Inilah Penampakan & Lokasi Tower yang Akan Dibangun di IKN Baru di Kaltim

Baca juga: Tower Penajam Ikon Ibu Kota di Kaltim Bernilai Rp 150 M, Warga PPU Malah Bahas Bantuan Kebakaran

Baca juga: Ada Markas Avengers di Merauke, Komentar Akun Medsos Pemprov Kaltim Curi Perhatian, Singgung IKN

“Bila tidak ada kendala dan pandemi ini sudah mulai berakhir, pembangunan bisa dimulai di awal tahun 2022. Sehingga nantinya pada tahun 2024, sebagian gedung kementrian dan istana sudah selesai dibangun,” ungkap Antonius.

Menurut Antonius, pembangunan infastruktur sebuah kota harus dilakukan secara bertahap dan menyesuaikan dengan kebutuhan dari Kementerian-Kementerian yang ada.

Jembatan indah di Ibu Kota Negara baru yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Penajam Paser Utara (PPU).
Jembatan indah di Ibu Kota Negara baru yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Penajam Paser Utara (PPU). (HO/BBPJN)

Misalnya saja, soal pembangunan jaringan limbah harus dibuat secara bertahap karena menyesuaikan dengan gravitasi setempat.

Hal ini berbeda dengan proses pembangunan jaringan air.

Baca juga: Prabowo Sarankan Presiden Jokowi untuk Teruskan Pemindahan IKN ke Kaltim

Selain pusat pemerintahan, di IKN juga akan dibangun pusat permukiman, pusat ekonomi, pusat pendidikan, hingga pusat penelitian dan riset.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved