Breaking News:

Virus Corona di Balikpapan

Kejar Target Herd Immunity bagi Umat Nasrani di Balikpapan, BKSGB Gelar Vaksinasi Anggota Gereja

Guna mengejar target herd immunity bagi umat nasrani di Balikpapan, Badan Kerja Sama Gereja-Gereja Balikpapan (BKSGB) menggelar vaksinasi Covid-19 bag

Penulis: Bella Evanglista | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/BELLA EVANGLISTA
Sekretaris Umum BKSGB Samuel Watimena saat menghadiri kegiatan vaksinasi umat nasrani Balikpapan, Jumat (13/9/2021). TRIBUNKALTIM.CO/BELLA EVANGLISTA 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Guna mengejar target herd immunity bagi umat nasrani di Balikpapan, Badan Kerja Sama Gereja-Gereja Balikpapan (BKSGB) menggelar vaksinasi Covid-19 bagi 3.700 jemaat gereja, Jumat (10/9/2021).

Diutarakan langsung oleh Samuel Watimena selaku Sekretaris Umum BKSGB, penerima vaksin kali ini merupakan anggota jemaat yang terdiri dari 63 gereja di bawah naungan organisasi tersebut.

“Bersama Asosiasi Pendeta Indonesia DPC Balikpapan bersinergi dengan Polda Kaltim, kami melakukan program vaksinasi bagi umat nasrani yang berada di Balikpapan.

Guna menghindari penumpukan peserta vaksin, panitia pelaksana membagi program ini dalam beberapa sesi mengingat jumlah peserta yang mengikuti kegiatan hari ini cukup banyak," ujarnya.

Selain dari jemaat gereja, Samuel mengatakan bahwa dalam kegiatan vaksinasi ini juga turut serta 1.300 peserta di luar jemaat gereja seperti warga di lingkungan rumah ibadah dan mahasiswa.

Baca juga: Binda Kaltim Gelar Vaksinasi Door To Door di Eks Lokasi Kebakaran Baru Ulu Balikpapan

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Pelajar di Balikpapan, Presiden RI Jokowi Harap PTM Segera Terealisasi

Baca juga: Vaksin Booster untuk Nakes di Balikpapan Capai 63,3 Persen

“Tidak hanya umat nasrani dari gereja di bawah naungan BKSGB, masyarakat umum yang bukan nasrani pun turut serta dalam vaksinasi melalui kanal jemaat gereja ini," ungkapnya.

Menurut Samuel, hal ini dilakukan guna mempercepat program pemerintah untuk menuntaskan pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Awalnya kami hanya menargetkan 1.000 sasaran saja. Tapi ternyata animo dari jemaat gereja dan masyarakat umum sangat tinggi, sehingga dalam sosialisasi dan perekrutan selama sebulan, kami berhasil mengumpulkan
hingga 5.000 orang,” jelasnya.

Terkait dengan program sosialiasi dan pendataan calon penerima vaksin ini, Samuel mengatakan bahwa pihaknya turut melibatkan generasi muda di kalangan gereja.

“Kita ingin agar pemuda juga turut serta dalam mendukung upaya pemerintah kota meningkatkan herd immunity di Balikpapan. Selain itu, kemampuan mereka untuk bergerak cepat juga jauh lebih tinggi dibanding golongan usia lainnya. Sehingga dalam waktu singkat, kita sudah bisa merekrut cukup banyak penerima vaksin,” tuturnya.

Berdasarkan keterangan Sekum BKSGB ini, vaksin kedua nantinya akan dilaksanakan pada 8 Oktober 2021 mendatang.

Berkenaan dengan kegiatan itu, Samuel menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan ibadah di gereja masih akan menunggu instruksi selanjutnya.

“Rencana pembukaan gereja untuk melaksanakan ibadah secara on site kemungkinan masih akan menunggu hingga kondisi jauh lebih kondusif. Sejauh ini, memang ada beberapa gereja yang telah melaksanakan kegiatan secara tatap muka.

Baca juga: Belum Berlaku di Balikpapan, Vaksin Jadi Syarat Masuk Mal Masih Sosialisasi

Namun kebanyakan yang datang merupakan anak muda atau petugas yang mendapat jadwal pelayanan. Sementara selebihnya beribadah secara daring di rumah masing-masing.

Jadi meskipun sudah melakukan vaksinasi, kami masih akan menunggu arahan selanjutnya dari pemkot Balikpapan terkait izin untuk membuka kegiatan beribadah secara luring,” ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved