Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Wabup Terima dan Serahkan Bantuan Korban Banjir di Samboja

Prihatin atas musibah banjir yang melanda masyarakat di Kecamatan Samboja, Wakil Bupati Kukar H Rendi Solihin didampingi Nurkhalis

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Wabup Rendi Solihin saat menerimakan bantuan untuk korban banjir dari Pertamina dan mengecek langsung untuk mengetahui penyebab banjir. 

TRIBUNKALTIM.CO - Prihatin atas musibah banjir yang melanda masyarakat di Kecamatan Samboja, Wakil Bupati Kukar H Rendi Solihin didampingi Nurkhalis (ketika itu masih menjabat camat Samboja) serta beberapa pejabat dari dinas instansi terkait dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan setempat, akhir pekan lalu meninjau sekaligus menerima bantuan dari Pertamina untuk warga terdampak banjir.

Camat Samboja Nurkhalis mengatakan, derasnya curahan hujan beberapa hari terakhir mengakibatkan beberapa desa yang ada di wilayahnya banjir.

Lokasi banjir terparah di Kelurahan Sungai Seluang, Wonotirto dan Margomulyo.

"Alhamdulillah, banjir mulai berangsur surut namun mulai berdampak ke kelurahan lain yaitu Tanjung Harapan dan Kampung Dalam. Diperkirakan air akan terus bergerak ke sejumlah kawasan dengan posisi dataran lebih rendah," ujarnya.

Baca juga: Mutasi Kembali Berlanjut, 9 Pejabat Tinggi Pratama Tempati Posisi Baru

Wabup Rendi mengatakan, Pemkab Kukar sangat prihatin atas musibah yang melanda warganya dan akan segera melakukan investigasi bersama instansi terkait memastikan akar permasalahan agar musibah itu tidak terulang lagi.

Dari hasil peninjauan tersebut, telah diketahui bendungan dengan kondisi pintu air yang sudah tidak bisa beroperasi maksimal.

Terlebih lagi, pintu air tempat keluar masuknya air tidak berfungsi, sehingga, aliran air yang mestinya menuju laut menjadi terhambat.

Selain itu, terdapat penyempitan sungai di beberapa titik di Samboja, sehingga mengganggu pergerakan pembuangan air saat intensitas hujan sedang tinggi.

"Saya sengaja ingin melihat langsung akar persoalan yang menjadi pemicu banjir di kawasan tersebut. Dan musibah banjir ini sudah beberapa kali terjadi, untuk itu instansi berwenang agar dapat mengatasinya," ujarnya.

Baca juga: Cari Akar Persoalan Penyebab Banjir di Samboja, Wabup Turun Langsung Lakukan Investigasi

Guna membantu warga yang terdampak banjir, pihak Kecamatan telah membuat posko dapur umum di Kantor PMI Samboja dan beberapa posko lainnya di beberapa lokasi banjir.

"Semoga musibah ini cepat teratasi dan kami sangat berharap kolaborasi antara Pemkab Kukar, stakeholder serta beberapa perusahaan dapat memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan masyaraka," harap Rendi. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved