Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Bupati Ikut Rapat Koordinasi Evaluasi PPKM, Sampaikan Kekurangan Dosis Vaksin ke Pusat

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah mengikuti rapat koordinasi evaluasi pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Bupati Edi Damansyah saat mengikuti Rakor PPKM yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian secara virtual. 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah mengikuti rapat koordinasi evaluasi pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan penanganan pandemi Covid-19 di luar Jawa-Bali yang digelar Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian secara virtual, di rumah jabatan bupati, pekan tadi.

Rakor yang dipimpin langsung oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto itu dihadiri secara virtual oleh para pimpinan kementerian/lembaga terkait, di antaranya, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Wamenkes Dante Saksono Harbuwono. Sekda Kukar H Sunggono didampingi perwakilan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kukar.

Baca juga: Wabup Terima dan Serahkan Bantuan Korban Banjir di Samboja

Airlangga Hartarto dalam arahannya mengatakan, situasi pandemi yang ada di luar Jawa-Bali menunjukkan telah terjadi perbaikan dari minggu ke minggu.

Menurutnya, level situasi pandemi atau asesmen per 3 September menunjukkan pada tingkat provinsi terjadi perbaikan level asesmen selama periode PPKM, di mana provinsi Level 4 dari 11 provinsi pada tanggal 13 Agustus menjadi 7 provinsi pada 20 Agustus dan menjadi 2 provinsi pada tanggal 3 September 2021.

Sementara pada tingkat kabupaten/kota, juga terjadi perbaikan level asesmen selama periode PPKM, di mana level tingkat 4 dari 132 kabupaten/kota pada 8 Agustus menjadi 104 kabupaten/kota pada 20 Agustus dan 3 September menjadi 48 kabupaten/kota.

Pada level tingkat 3 dari 215 kabupaten/kota pada 08 Agustus menjadi 234 kabupaten/kota pada 20 Agustus dan menjadi 218 kabupaten/kota pada 3 September 2021.

Menurutnya dari 34 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM Level 4 di luar Jawa-Bali pada PPKM tanggal 24 Agustus-24 September 2021 telah terjadi perbaikan level asesmen, di mana 19 kabupaten/kota mengalami perbaikan (penurunan tingkat level asesmen) dari level tingkat 4 menjadi level tingkat 3/tingkat 2.

Sedangkan 15 kabupaten/kota lainnya masih dalam level asesmen 4, namun sejumlah indikator penanganan Covid-19 telah menunjukan perbaikan.

Baca juga: Mutasi Kembali Berlanjut, 9 Pejabat Tinggi Pratama Tempati Posisi Baru

Sementara itu, WamenKes Dante Saksono dalam laporannya mengatakan bahwa belajar dari gelombang pandemi beberapa negara, perlu tetap waspada dan hati-hati terhadap perubahan perilaku implementasi protokol kesehatan dibantu teknologi digital akan dipercepat implementasinya.

Sementara Bupati Kukar Edi Damansyah saat mendapatkan kesempatan berbicara pada rakor tersebut mengatakan, selama penerapan PPKM, Pemkab Kukar telah melakukan penekanan indeks mobilitas dengan melaksanakan peningkatan operasi yustisi dan pelaksanaan isolasi terpadu telah tersedia di 18 kecamatan hingga tingkat desa serta percepatan vaksinasi sesuai arahan presiden saat mengunjungi Kaltim beberapa waktu lalu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved