Breaking News:

Mata Najwa

Mata Najwa Terbaru: LBH Jakarta Terima 7.200 Pengaduan Kasus Pinjaman Online, Sepertiganya Legal

Pada acara Mata Najwa terbaru, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta turut bersuara terkait kasus pinjaman online.

Penulis: Justina | Editor: Syaiful Syafar
YouTube Najwa Shihab
Pengacara dari LBH Jakarta, Jeanny Silvia Sari Sirait saat tampil di acara Mata Najwa yang membahas kasus pinjaman online, Rabu (15/9/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Pada acara Mata Najwa terbaru, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta turut bersuara terkait kasus pinjaman online.

Banyaknya kasus pinjaman online yang membuat nasabah merasa terancam akhirnya membuat LBH Jakarta turun tangan.

Sejak pertama kali LBH Jakarta membuka pos pengaduan pinjaman online, sampai Agustus 2021 ternyata sudah ditemukan lebih 7.200 pengaduan.

Sepertiga pengadu pinjaman online adalah yang legal, dalam artian terdaftar di Otoritas Jasa Keungan (OJK).

Pengacara dari LBH Jakarta, Jeanny Silvia Sari Sirait mengungkapkan bahwa pengaduan pelanggaran pinjaman online yang dilaporkan hanya beda-beda tipis.

Di antaranya data pribadi sebagai permasalahan dan penagihan yang sifatnya mengancam, meskipun sudah ada pengaturan-pengaturan dasar dari pihak OJK. 

Baca juga: Di Mata Najwa, Nafa Urbach Dicecar Najwa Shihab Kenapa Data Pribadinya Bocor ke Pinjol Ilegal

Jeanny menjelaskan, kalau dari awal nasabah mendownload dan melakukan pinjaman hanya menyetujui syarat dan kondisi yang ada.

"Kalau dia butuh uangnya, dia harus menerima (acceptance) term and conditionnya, lalu kalau dia tidak setujui maka dia tidak bisa akses pinjaman onlinenya," ungkap Jeanny Silvia Sari Sirait dikutip dari kanal YouTube Najwa Shihab, Kamis (16/9/2021).

Sementara itu, Kepala Departemen Penyedian Sektor Jasa Keuangan dari OJK, Tongam Lumban Tobing mengatakan, pinjaman online ilegal ini merupakan tindakan kejahatan dengan dugaan tindak pidana penipuan, penyebaran data pribadi, teror, intimidasi dan tindakan perbuatan lainnya.

"Harus ditindak tegas dan harus masuk ke proses hukum," ucap Tongam Lumban di acara Mata Najwa.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved