Breaking News:

News Video

NEWS VIDEO Destinasi Wisata Dibuka Bertahap, Sandiaga Uno: Masyarakat harap Sabar

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno meminta masyarakat bersabar untuk melakukan aktivitas wisata.

Editor: Wahyu Triono

TRIBUNKALTIM.CO - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno meminta masyarakat bersabar untuk melakukan aktivitas wisata.

Sebab, tempat-tempat wisata baru akan dibuka secara bertahap seiring dengan membaiknya status Covid-19 di masing-masing daerah.

"Pembukaan secara bertahap lebih baik daripada berlangsung cepat, tapi menimbulkan masalah baru. Jadi lebih baik masyarakat bersabar," katanya di Surabaya, Kamis (16/9/2021).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama pemerintah daerah saat ini sedang menyiapkan skema agar kegiatan wisata lebih sehat dan aman.

"Salah satunya dengan penggunaan aplikasi PeduliLindungi," jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jatim Sinarto menyebutkan, saat ini sudah ada 70 persen destinasi wisata di daerah dengan status PPKM level 2 di Jatim yang sudah buka dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Baca juga: Jadi Tempat Wisata Andalan, Tahun Depan Sarana Prasarana di Gunung Boga Paser akan Dibangun

"Sekarang sudah ada sekitar 70 persen di daerah level 2, tapi wahana wisata air belum boleh buka dulu karena dianggap masih rawan penularan," jelasnya.

Rujukan pembukaan lokasi wisata kata dia berdasarkan status level PPKM suatu daerah.

Wewenang pembukaan juga tergantung kebijakan pemerintah daerah dan pengelola wisata.

Berdasarkan assessment situasi Covid-19 dari Kemenkes RI, per 12 September 2021 yang dirilis pada 13 September 2021, enam kabupaten/kota di Jawa Timur masuk pada level 1 yaitu Lamongan, Jember, Pasuruan, Gresik, Sidoarjo, dan Banyuwangi.

Sementara untuk level 2 terdapat 19 kabupaten/kota yaitu Tuban, Sumenep, Situbondo, Sampang, Probolinggo, Pamekasan, Ngawi, Nganjuk, Malang, Madiun, Kota Surabaya, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Kediri, Kota Batu, Kab. Kediri, Jombang, Bojonegoro dan Bangkalan. Adapun untuk daerah status PPKM level 3 tercatat ada 13 kabupaten/kota di Jatim. Yaitu Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, Mojokerto, Magetan, Lumajang, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Blitar, Kab. Bondowoso, dan Blitar.

Baca juga: Luhut Pandjaitan Beri Kabar Gembira di Tengah Perpanjangan PPKM, Cek Syarat Nonton Bioskop & Wisata

Sedangkan berdasarkan Inmendagri Nomor 42 Tahun 2021, ada sejumlah daerah yang ditetapkan masuk dalam level 2 yakni Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Jember, Kota Kediri, Kabupaten Jombang, Kabupaten Tuban.

Kemudian Kabupaten Sumenep, Kabupaten Sampang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pamekasan, Kota Pasuruan, dan Kabupaten Bojonegoro Menurut Inmendagri, daerah dengan level 3 (tiga) yaitu Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Magetan, dan Kabupaten Madiun.

Kemudian, Kabupaten Lumajang, Kota Surabaya, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Blitar, Kota Probolinggo, Kota Mojokerto, Kota Batu, Kabupaten Kediri, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Blitar, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Bangkalan.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved