Breaking News:

Berita Paser Terkini

Tindak Lanjuti Proses Hibah, Kemenhub Bakal Tinjau Lokasi Bandara Kabupaten Paser

Dalam waktu dekat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia bakal melakukan peninjauan lokasi bandara di Kabupaten Paser.

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Bangunan Bandara Kabupaten Paser yang dihibahkan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk melanjutkan pembangunannya, yang berada di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Dalam waktu dekat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia bakal melakukan peninjauan lokasi bandara di Kabupaten Paser.

Peninjauan tersebut merupakan tindak lanjut dari proses hibah bandara ke Kementerian Perhubungan setelah penyampaian hasil kajian teknis yang dilakukan.

"Insha Allah dari Kemenhub akan melakukan peninjauan ke lokasi Bandara Kabupaten Paser," tutur Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Paser, Inayatullah, Jumat (17/9/2021).

Sesuai dengan instruksi Bupati Paser dr Fahmi Fadli, Dishub bersama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Paser akan melakukan pembersihan di lokasi bandara.

Sebelum pihak Kementerian menyambangi Kabupaten Paser dalam melakukan peninjauan lokasi bandara di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Baca juga: Berdayakan Warga Sekitar, Bandara Nunukan Rekrut 12 Pekerja Lewat Program Padat Karya Tahap II

Baca juga: INILAH ALASAN Bandar Udara SAMS Sepinggan Balikpapan Dinobatkan jadi Bandara Terbaik di Asia Pasifik

Baca juga: Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Raih Penghargaan Bandara Udara Terbaik di Asia Pasifik

"Rencananya minggu ini kami lakukan bersih-bersih di lokasi bandara, dari Dinas PU sendiri peralatan berat mereka masih menyelesaikan pekerjaan di luar kota Tana Paser," tuturnya.

Sebelumnya, Dishub bersama Bupati Paser telah melakukan audiensi dengan Kepala Biro Perencanaan Kemenhub.

"Ini sebagai langkah percepatan hibah untuk kelanjutan pembangunan bandara di Paser, karena saat ini pembangunan bandara mesti dikerjakan langsung oleh Kemenhub, daerah tak lagi memiliki kewenangan," ujar Inayatullah.

Perkembangan proses hibah bandara tersebut sampai saat ini, bagian Keuangan Setditjen Perhubungan Udara masih  menunggu rekomendasi teknis dari  Subdirektorat Tatanan Bandar Udara atas Bandara Kabupaten Paser.

"Dalam rumusan rekomendasi teknis menggunakan bahan dokumen Kajian Teknis Bandara yang telah diserahkan sebelumnya," kata Kadishub Paser.

Kemudian, pihaknya juga berkoordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sebagai penyusun Perencanaan Kebutuhan Transportasi IKN dan Kawasan Penyangga Ibu Kota Negara (KP-IKN).

"Bandara Kabupaten Paser mesti diusulkan dalam Bappenas sebagai salah satu prasarana transportasi yg dibutuhkan dalam pembangunan IKN," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved