Breaking News:

Berita Kukar Terkini

Usai Banjir di Desa Purwajaya, Wabup Kukar Tinjau Alur Sungai, Rendi Sebut Akan Lakukan Normalisasi

Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin telah meninjau Alur Sungai di Desa Purwajaya, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kukar.

Penulis: Aris Joni | Editor: Mathias Masan Ola
HO/Prokom
Wabup Kukar, Rendi Solihin saat meninjau alur sungai di Desa Purwajaya, Kecamatan Loa Janan, Kukar. (HO/Prokom) 

TRIBUNKAKTIM.CO, TENGGARONG - Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin telah meninjau Alur Sungai di Desa Purwajaya, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kukar.

Desa tersebut beberapa hari lalu dilanda banjir setelah hujan yang cukup lama dan mengakibatkan sekitar 45 kepala keluarga (KK) dengan jumlah jiwa sekitar 120 orang yang terdampak banjir.

Dalam peninjauannya tersebut, Wabup Kukar, Rendi Solihin mengungkapkan, peninjauan itu merupakan upaya pemerintah daerah bersama beberapa stakholder terkait untuk melakukan perencanaan normalisasi dalam menanggulangi kejadian serupa dan pengendalian banjir di Desa Purwajaya, Kecamatan Loa Janan.

"Kami langsung turun ke lokasi untuk melihat beberapa titik yang memang menjadi penyebab banjir maupun tanah longsor, tentunya kami juga akan menindaklanjuti dan mewujudkan Program Normalisasi Alur Sungai Desa Purwajaya yang lebih baik dengan harapan dapat mengendalikan banjir pada saat ini," ujar Rendi.

Rendi berharap, dukungan dari stakholder dan masyarakat untuk mewujudkan program ini kedepannya, tentunya pemerintah daerah tidak dapat bekerja sendiri tanpa dukungan dan kerja sama dari masyarakat, dan mohon izin dari masyarakat karena nantinya saat normalisasi kira dapat membatu pemerintah daerah dalam menata lebih baik lagi.
 

Baca juga: Diguyur Hujan Deras, Desa Purwajaya Kukar Dilanda Banjir dan Longsor, 120 Warga Terkena Dampak

Baca juga: Longsor Terjang 4 Rumah Warga di KM 6 Desa Purwajaya Kutai Kartanegara, Para Korban Ngungsi

Baca juga: Fosil Ulin Purwajaya Berusia 12 Juta Tahun

"Saat normalisasi nanti kami ingin masyarakat setempat kiranya dapat membantu tim kami dalam menormalisasi alur sungai yang ada, sehingga kendala kendala di lapangan nanti dapat dilalui dengan baik sehingga dapat menanggulangi banjir," harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Purwajaya, Kurniawan mengatakan, Pemerintah Desa bersama masyarakat sangat mendukung dan mensupport pemerintah kabupaten dalam rangka mewujudkan normalisasi di alur sungai Desa Purwajaya.

"Sudah 11 tahun alur sungai di sini belum ada normalisasi, tentunya kami bersama masyarakat sangat mengharapkan terwujudnya program normalisasi alur sungai ini ditata dengan baik, sehingga dapat mengendalikan banjir musiman ke depannya," tuturnya.

Ia juga berharap, pemerintah kabupaten dapat menegur atau memberikan sanksi kepada beberapa perusahaan tambang yang teledor dalam penambangannya. “Sehingga mengakibatkan banjir atau tanah longsor di Desa Purwajaya,” pungkasnya.(*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved