Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Kartanegara

OPD Kukar Harus Berkolaborasi dengan Diarpus

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah ingin semua organisasi perangkat daerah (OPD) berkolaborasi dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Bupati Edi Damansyah saat melihat-lihat arsip dan foto-foto di Pondok Kesah Arsip Yang Unik Memberikan Informasi. 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah ingin semua organisasi perangkat daerah (OPD) berkolaborasi dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) Kukar, guna menyelamatkan semua arsip maupun dokumen tentang aset pemda.

Hal ini dikatakannya saat peninjauan pameran arsip foto 2014-2019 di Aula Diarpus, awal pekan tadi.

Edi mengatakan, arsip memiliki peran strategis dalam suksesnya penyelenggaraan negara, karena arsip menjadi identitas dan jati diri bangsa sekaligus memori kolektif dan bahan pertanggungjawaban bagi pemerintah, khususnya di Kabupaten Kukar.

Baca juga: Hingga Akhir 2021, Sekda Ungkap Ada 445 Jabatan yang Akan Disetarakan

Berkaca pada pengalaman sebelumnya, salah satu permasalahan di Kukar, yakni lemahnya tertib arsip atau dokumen pendukung dalam menanggulangi permasalahan.

Misalnya, ada gugatan seperti tanah sekolah di kecamatan yang sangat minim dokumennya, sehingga harus mencari orang yang dulu menghibahkan.

"Maka dari itu, dari kondisi ini kita bisa belajar betapa pentingnya dokumen arsip dalam mengamankan aset-aset pemerintah. Jadi saya ingin seluruh OPD harus kerja bersama seperti semangat yang dilakukan Diarpus dalam mengamankan dan memperbaiki sistem kearsipan di Pemda Kukar dalam menjaga, menyelamatkan serta dilestarikan histori arsip maupun dokumen aset pemda," ujarnya.

Baca juga: Penyelamatan Arsip Foto dan Dokumen Bersejarah, Bupati Resmikan Pondok Kesah Ayumi

Menurut Edi, urusan arsip sudah mendapat apresiasi dengan kategori sangat memuaskan atau sangat baik dalam nilai kinerja, bukan hanya di tingkat daerah maupun provinsi akan tetapi sampai di tingkat pusat.

Hal ini harus terus dipertahankan dan ditingkatkan agar dapat terbangun sistem tata kelola arsip yang baik, sistematis dan terpadu dan sinergi lebih produktif dengan OPD maupun lembaga-lembaga pemerintan di Kukar.

Selain itu masyarakat pun bisa mengakses arsip-arsip tersebut secara mudah, cepat dan objektif sesuai dengan prinsip-prinsip keterbukaan yang sudah diatur undang-undang.

Baca juga: Masuk Nominasi Lomba Tingkat Provinsi Kaltim, Maslianawati Berharap Dasawisma Rosella Juara

Sementara itu Sekretaris Diarpus Aji Yuli mengatakan, kearsipan berperan penting bagi kelancaran organisasi yaitu sebagai sumber informasi dan pusat ingatan bagi organisasi.

"Semakin baik tata kelola atau sistem kearsipannya, maka akan semakin banyak arsip dan dokumen penting pemerintah yang dapat diselamatkan," ujar Yuli. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved