Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Penyelamatan Arsip Foto dan Dokumen Bersejarah, Bupati Resmikan Pondok Kesah Ayumi

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah didampingi Sekretaris Daerah H Sunggono meresmikan Pondok Kesah Arsip Yang Unik Memberikan Informasi

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Bupati Kukar Edi Damansyah meresmikan Pondok Kesah Arsip Yang Unik Memberikan Informasi atau disingkat Ayumi. 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah didampingi Sekretaris Daerah H Sunggono meresmikan Pondok Kesah Arsip Yang Unik Memberikan Informasi (Ayumi) di Aula Dinas Kearsipan dan Perpustakan (Diarpus) Kukar, awal pekan tadi.

Kegiatan tersebut dalam rangka menyelamatkan arsip foto tahun 2014-2019, serta menginventarisir dokumen yang bersejarah untuk bisa digandakan dan didokumentasikan dengan aman dan terjaga di Pemkab Kukar khususnya pada Diarpus Kukar.

Baca juga: Masuk Nominasi Lomba Tingkat Provinsi Kaltim, Maslianawati Berharap Dasawisma Rosella Juara

Dalam arahannya, Edi Damansyah mengingatkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) agar menjaga pentingnya arsip atau dokumen bersejarah yang harus dilindungi dan dipedomani.

"Betapa pentingnya dokumen arsip setiap OPD maupun pimpinan yang harus dijaga dan diamankan keasriannya, sehingga perlu adanya upaya setiap OPD dapat mengamankan aset-aset pemerintah. Dengan demikian kita harus kerja bersama seperti semangat yang dilakukan Diarpus, dimana pemerintah daerah tidak bisa berjalan dengan baik kalau tidak ada responsif dan dukungan sesama OPD," ujarnya.

Edi sangat mengapresiasi kinerja Diarpus yang sudah menghasilkan inovasi yang diterapkan di Kukar.

"Pemda sangat mengapresiasi atas kinerja Diarpus berkat kegiatan diklat kepemimpinan yang diikuti pejabat Diarpus, tentunya menghasilkan inovasi yang terarah dan dapat diterapkan di Kukar, khususnya dalam menginventarisir arsip Pemda Kukar," katanya.

Edi mengingatkan OPD jangan abai dengan arsip, karena dalam perjalanannya selama ini masih banyak terdapat kendala yang dihadapi.

Tentunya ini menjadi perhatian semua untuk selalu menjaga dokumen maupun arsip yang berharga agar terjaga kehistoriannya.

Baca juga: Bupati-Wabup Kubar Ikuti Pembekalan dari Kemendagri, Khusus Kepemimpinan Kepala Daerah Terpilih

Sementara itu, Sekretaris Diarpus Aji Yulimengatakan, inovasi ini merupakan salah satu upaya Diarpus dalam meningkatkan kinerja OPD dalam berinovasi dalam menjaga, menginventarisasi, dan mengamankan arsip serta dokumen aset aset pemerintah daerah.

Dalam launching tersebut, Bupati Kukar didampingi Sekda Sunggono dan Plt Kepala Diarpus Ahmad Taufik Hidayat beserta pejabat lainnya melihat-lihat pameran kearsipan pelestarian dan penyelamatan arsip foto tahun 2014-2019. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved