Breaking News:

Opini

Perang Terhadap Bandar dan Pengedar, Wujudkan Benua Etam Zero Narkoba

PERANG terhadap bandit pengedar serta bandar narkoba di Kalimantan Timur terus digaungkan jajaran kepolisian dengan melibatkan semua komponen masyarak

Penulis: Sumarsono | Editor: Mathias Masan Ola
TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Deklarasi Kampung Tangguh Bebas Narkoba di Kampung Baru, Balikpapan Barat Barat bersama Walikota Balikpapan Rahmad Masud, beberapa waktu lalu. TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

Oleh: Sumarsono
*) Penulis adalah Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Kalimantan Timur

TRIBUNKALTIM.CO – PERANG terhadap bandit pengedar serta bandar narkoba di Kalimantan Timur terus digaungkan jajaran kepolisian dengan melibatkan semua komponen masyarakat.

Beberapa pengungkapan kasus narkotika, baik dalam jumlah kecil hingga kelas kakap pun telah dilakukan tim Res Narkoba Polda hingga Polres-Polres di Kalimantan Timur.

Belum lama ini misalnya, telah digagalkan peredaran narkoba jenis sabu sebesar 25 kilogram dan ribuan pil ekstasi di Kota Samarinda.

Pengungkapan ini merupakan bukti nyata bahwa jajaran narkoba Polda Kaltim dan seluruh jajaran Polres berkomitmen penuh memberantas narkoba dan memerangi para pengedar maupun bandar.

“Siapa pun yang coba mengedarkan barang haram (narkotika) di wilayah hukum Kaltim, harus bersiap-siap berhadapan dengan Polisi dan masyarakat. Kemanapun mereka pergi akan kami kejar," tegas Ditresnarkoba Polda Kaltim, Kombes Pol Rickynaldo kepada media di Samarinda, 10 September 2021 lalu.

Pernyataan itu kembali ditegaskan untuk mewujudan Benua Etam (Kalimantan Timur) menjadi daerah zero narkoba. Tentunya perlu keterlibatan dan peran aktif dari semua komponen masyarakat.

Partisipasi masyarakat memberantas narkoba, salah satunya bersinergi dengan pemerntah daerah, Badan Narkotika Nasional (BNN) membentuk kampung Bersih dari Narkotika (Bersinar) di beberapa wilayah kelurahan/desa se Kalimantan Timur.

Dalam pelaksanaannya, Kampung Bersinar akan berlaku sebagai percontohan wilayah yang memiliki pembinaan masyarakat terhadap pencegahan narkotika secara terpadu.

Kelurahan yang akan dipilih menjadi kelurahan Bersinar nantinya, akan diberikan Surat Keputusan (SK) agar penanganan dan pencegahan narkoba dapat dilakukan melalui partisipasi masyarakat.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved