Breaking News:

Berita Nasional Terkini

Info Terbaru Syarat Naik Pesawat Domestik-Internasional Lion Air, Garuda dan Citilink, Harus PCR?

Sejumlah aturan diterapkan kepada masyarakat yang ingin mengakses lokasi tertentu termasuk ketika ingin bepergian menggunakan pesawat terbang.

Editor: Heriani AM
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Ilustrasi. Sejumlah penumpang sedang menunggu jadwal penerbangan di ruang tunggu Bandar Internasional Ahmad Yani Semarang, Rabu (1/9/21). Simak syarat naik pesawat sekarang untuk Lion Air, Citilink dan Garuda Indonesia. Lihat aturan penerbangan terbaru. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat saat ini masih berlaku di beberapa Kabupaten/kota di Indonesia.

Salah satu yang diatur dalam penerapan PPKM adalah syarat perjalanan, termasuk perjalanan udara.

Sejumlah aturan diterapkan kepada masyarakat yang ingin mengakses lokasi tertentu termasuk ketika ingin bepergian menggunakan pesawat terbang.

Baca juga: Syarat Penerbangan untuk Lion Air Group, Citilink & Garuda Indonesia, Wajib Kartu Vaksin dan PCR?

Baca juga: Syarat Naik Pesawat Terbaru Lion Air, Citilink & Garuda, Anak di Bawah Usia 12 Tahun Boleh Terbang?

Baca juga: BARU, Syarat Naik Pesawat Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Wings Air & Batik Air ke Daerah PPKM

Diantaranya adalah menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama, adalah syarat utama saat masyarakat ingin bepergian menggunakan pesawat terbang.

Tak hanya itu, hasil negatif antigen/PCR sebelum keberangkatan juga ditetapkan kepada calon penumpang.

Aturan perjalanan orang naik pesawat terbang ini diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 43 Tahun 2021 dan Nomor 44 Tahun 2021.

Tak hanya itu, pemerintah juga mengatur penerbangan internasional mengacu pada Surat Edaran Kemenhub Nomor 74 tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dari Luar Negeri dengan Transportasi Udara.

"Untuk syarat kesehatan merujuki pada SE Satgas Nomor 18 Tahun 2021 dan untuk kategori orang asing yang dapat masuk ke Indonesia merujuk pada Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, dikutip dari Kompas.com.

Aturan ini berlaku bagi berstatus Warga Negara Asing (WNA), Warga Negara Indonesia (WNI), pekerja migran asal Indonesia, awak pesawat penumpang maupun kargo dan personel penerbangan yang akan masuk ke Indonesia.

Syarat perjalanan penumpang pesawat internasional:

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved