Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

Aplikasi SINAR Dilirik Warga Samarinda, Biaya Ditransfer ke Rekening Korlantas RI Bukan Pribadi

Dua minggu setelah diluncurkan, aplikasi SIM Nasional Presisi (SINAR) mulai dilirik oleh masyarakat Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Penulis: Rita Lavenia | Editor: Mathias Masan Ola
TRIBUNKALTIM.CO/RITA LAVENIA
Tarif terbaru harga pembuatan SIM Baru maupun perpanjangan SIM di Mapolresta Samarinda. TRIBUNKALTIM.CO/RITA LAVENIA 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Dua minggu setelah diluncurkan, aplikasi SIM Nasional Presisi (SINAR) mulai dilirik oleh masyarakat Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Kasat Lantas Polresta Samarinda Kompol Wisnu Dian Ristanto, melalui Kasubnit II Registrasi dan Identifikasi (Regiden) Ipda Mulyadi menyebut sudah ada 15 orang yang menggunakan aplikasi tersebut.

Namun Ia menerangkan, saat ini ada kendala jaringan yang membuat masyarakat cukup kesulitan untuk masuk ke dalam aplikasi perpanjangan SIM A dan C berbasis online tersebut.

"Tapi kalau jaringan normal, tentu tidak ada kendala untuk penggunaan aplikasinya (SINAR). Kami juga masih melakukan sosialisaai kepada masyarakat melalui semua media sosial yang ada," terangnya kepada Tribun Kaltim.co, Kamis (30/9/2021).

Terkait pelayanan secara online tersebut, Ipda Mulyadi menegaskan bahwa aplikasi SINAR hanya untuk pelayanan perpanjangan SIM A dan C yang masih aktif.

Baca juga: Cara Mudah Perpanjang SIM A dan SIM C Online Melalui Aplikasi SINAR, Ini Tahapan-tahapannya

Baca juga: Polresta Samarinda Luncurkan Aplikasi SINAR, Perpanjangan SIM A dan C Cukup Lewat Gadget

Baca juga: Hindari Calo, Kini Perpanjang SIM Cukup Lewat Ponsel, Unduh Aplikasi Sinar

Itupun lanjutnya, biaya perpanjangan ditranfer ke BNI dan akan masuk ke rekening Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia, bukan ke rekening pribadi.

"Dan SIMnya memang akan diantar langsung melalui Pos Indonesia ke alamat yang kita cantumkan," jelasnya.

"Ingat, jika ingin membuat SIM baru harus datang langsung ke Polresta Samarinda, dan jangan percaya dengan tawaran pembuatan SIM dari oknum tidak bertanggungjawab," tegasnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved