Breaking News:

Pupuk Kaltim Tingkatkan Daya Saing Batik Lokal Bontang Melalui SNI

Perkembangan dan eksistensi batik sebagai salah satu kekayaan nusantara tak luput dari perhatian PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim), guna

Penulis: Ismail Usman | Editor: Diah Anggraeni
Tribun Kaltim/Ismail Usman
Owner Batik Beras Basah, Eko Widji Rahayu dan owner Batik Kuntul Perak, Kadir Assegaf. 

TRIBUNKALTIM.CO - Perkembangan dan eksistensi batik sebagai salah satu kekayaan nusantara tak luput dari perhatian PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim), guna mengenalkan warisan budaya Indonesia itu ke berbagai kalangan.

Perhatian yang diberikan Pupuk Kaltim ini dengan melakukan pembinaan bagi pengusaha batik lokal agar mampu tumbuh dan berdaya saing.

Kini, dua batik mitra binaan Pupuk Kaltim, yakni Batik Beras Basah dan Batik Kuntul Perak telah mendapat tempat di masyarakat.

Bahkan telah merambah ke mancanegara sebagai batik lokal khas Bontang.

Baca juga: Menteri Erick Thohir Beri Arahan Pupuk Kaltim, Targetkan ke Pasar Asia Pasifik

Owner Batik Beras Basah Eko Widji Rahayu atau yang akrab disapa Ewied mengatakan, Pupuk Kaltim berperan penting terhadap kemajuan dan perkembangan usaha batiknya.

Walhasil, karyawan batik milik usahanya itu kini menjadi salah satu batik kebanggaan masyarakat Bontang.

Pada 2018, Batik Beras Basah mampu menjadi batik lokal pertama di Kaltim yang meraih Sertifikat Produk Penggunaan Tanda Standar Nasional Indonesia (SPPT SNI) untuk jenis batik tulis, cap dan kombinasi, dari Badan Standardisasi Nasional (BSN).

"Kini kami telah melayani berbagai permintaan pasar di dalam dan luar negeri, untuk berbagai jenis produk batik mulai kain hingga pakaian jadi dan lainnya," kata Ewied.

Batik Beras Basah terinspirasi dari nama icon wisata Kota Bontang dengan corak biota laut.

Nama ini dinilai mewakili Bontang agar nama daerah maupun Pulau Beras Basah sebagai icon wisata semakin dikenal secara luas.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved