Breaking News:

DLH Canangkan Lomba CGH dan Eco Office, Strategi Balikpapan untuk Penunjang Pencapaian Adipura

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balikpapan menyelenggarakan perlombaan Clean, Green and Healthy (CGH) serta Eco Office.

Tribun Kaltim/Niken Dwi Sitoningrum
Pembinaan dilakukan tim pembina dan juri untuk Clean, Green and Healthy serta Eco Office di Kecamatan Balikpapan Tengah. 

TRIBUNKALTIM.CO - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balikpapan menyelenggarakan perlombaan Clean, Green and Healthy (CGH) serta Eco Office.

Lomba itu digelar untuk menunjang capaian penilaian Adipura.

Kemarin, pembinaan dilakukan di Kecamatan Balikpapan Tengah.

Indikator penilaian dalam lomba CGH dan Eco Office ini meliputi empat pilar yaitu penghijauan lingkungan, pengelolaan sampah, penghematan energi, serta pengelolaan air bersih dan air limbah.

Baca juga: RT 50, Gn Sari Ilir Syukuran Raih Penghargaan CGH

Pembinaan ini bertujuan untuk self asesmen bagi peserta lomba, atau melakukan penilaian secara mandiri terlebih dahulu sebelum penilaian oleh juri.

"Sebelum kami lakukan penilaian, kami ajak pelaku atau peserta untuk melakukan self assessment terlebih dahulu. Jadi mereka pun mengerti kapasitas serta penilaian yang nanti akan dilakukan oleh juri. Seperti simulasilah," ujar Tim Pembina dan Juri CGH dan Eco Office, Agustina S.

Selain itu, permasalahan sampah memiliki sub-bagian paling banyak dalam penilaian CGH dan Eco Office pada tahun 2021 ini.

Penerapan reduce, reuse dan recycle untuk pembatasan, pengelolaan dan pemanfaatan sampah menjadi permasalahan penting.

Sementara itu, sarana dan prasarana penunjang seperti tempat sampah minimal dipasang di tiga titik serta edukasi dalam pengelolaan atau pemilahan sampah organik dan anorganik yang dipasang di masing-masing tempat sampah.

Pengadaan bank sampah, penggunaannya serta sarana pengomposan maupun hasil dari pengomposan yang dilakukan juga menjadi poin penilaian dalam hal pengelolaan sampah.

Baca juga: Pemkot Balikpapan Umumkan Seleksi Direksi Perumda Manuntung Sukses

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved