Breaking News:

News Video

NEWS VIDEO Apakah Hewan Bisa Tertawa?

Sebuah penelitian terbaru yang telah terbit di Jurnal Bioacoustics menjelaskan persoalan fakta unik hewan juga bisa tertawa.

Editor: Wahyu Triono

TRIBUNKALTIM.CO - Tertawa merupakan salah satu cara manusia untuk terhubung dan merasa terikat dengan yang lain. Namun, layaknya manusia, apakah hewan juga bisa tertawa?

Dilansir dari Live Science, Senin (28/9/2021), sebuah penelitian terbaru yang telah terbit di Jurnal Bioacoustics menjelaskan persoalan fakta unik hewan ini.

Banyak hewan menghasilkan suara saat sedang bermain.

Ini merupakan hal unik sebagai bentuk interaksi sosial yang menyenangkan.

Para peneliti mengganggap vokalisasi yang dihasilkan hewan saat bermain memiliki analogi atau bersangkutan dengan tawa manusia.

Dalam prosesnya, peneliti mengidentifikasi sebanyak 65 spesies hewan yang tertawa saat bermain. Sebagian besar merupakan mamalia, namun beberapa yang lain adalah spesies burung.

Hasil yang ditemukan adalah beberapa jenis perilaku bermain hewan terlihat seperti berkelahi.

Sehingga mungkin mereka mengeluarkan suara atau tertawa selama bermain untuk menjaga interaksi agar tidak meningkat dan menjadi agresif atau bahkan berbahaya.

Sasha Winkler, Penulis Utama Studi sekaligus Kandidat Doktor Antropologi Biologi di University of California, Long Angeles, mengatakan, proses bermain biasanya dilakukan berulang dan terjadi secara independen dari perilaku sosial lainnya, seperti kawin atau mencari makan.

"Orang-orang yang mempelajari primata berkata, 'Anda tahu ketika Anda melihatnya'," kata Winkler.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved