Breaking News:

News Video

NEWS VIDEO Viral Paspampres Lumpuhkan 15 Drone Liar saat Pembukaan PON XX

Sebuah video personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sedang mengarahkan ke atas senjata pelumpuh drone dalam acara pembukaan PON XX Papua.

Editor: Sandrio

TRIBUNKALTIM.CO - Viral di media sosial, sebuah video personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sedang mengarahkan ke atas senjata pelumpuh drone dalam acara pembukaan PON XX Papua.

Berdasarkan unggahan akun Twitter @Kamto_adi pada Minggu (3/10/2021), tampak seorang laki-laki membawa alat berwarna hitam dan berbentuk mirip seperti teleskop.

"Jadi saat pembukaan #PONXXPapua2021 kemarin, ada personel Paspampres yang dilengkapi dengan senjata pelumpuh drone," tulis akun @Kamto_adi.

Keterangan dalam akun tersebut juga menyebutkan ada lebih dari 15 drone yang dilumpuhkan oleh personel Paspampres.

"Ada lebih dari 15 drone liar yang dilumpuhkan", tulis akun tersebut.

Sementara itu, akun Instagram @indonesian_army88, juga mengunggah video yang menyebutkan anggota Paspamres menggunakan alat pelumpuh drone.

Dalam keterangan disebutkan, bahwa alat tersebut bernama 'Jammer' yang berfungsi mengacaukan sinyal dari drone.

"Alat pelumpuh drone yg Kelen terheran-heran itu sebenarnya sudah sangat umum di kemiliteran jadi jangan kudet ya divers, followers Mimin ga ada yg kudet, jdi itu namanya Jammer , cara kerjanya mengacaukan sinyal drone," tulis akun @indonesian_army88, Selasa (5/10/2021).

Saat ini pemerintah Indonesia sudah memiliki regulasi terkait penggunaan drone seperti yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 47 Tahun 2016.

Aturan ini merupakan penyempurnaan dari Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 180 Tahun 2015 tentang Pengendalian Pengoperasian Sistem Pesawat Udara Tanpa Awak di Ruang Udara yang Dilayani Indonesia.

Dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 47 Tahun 2016 diatur mengenai ketentuan penyampaian dokumen asuransi kerugian dalam permohonan izin dan ketentuan mengenai sanksi terhadap kelalaian dan/atau penyimpangan terhadap ketentuan pengoperasian pesawat udara tanpa awak. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved