Breaking News:

Malaysia Healthcare bersama Thomson Hospital Gelar Webinar, Cek Kesehatan Jantung Pasca Covid-19

Malaysia Healthcare melangsungkan webinar kesehatan bertajuk "Jantung Berdebar Pasca Covid? Cek Jantungmu".

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Diah Anggraeni
Tribun Kaltim/Syaifullah Ibrahim
Director Market Development Indonesia dari Malaysia Healthcare dr. Haizal Farah Delah Suhaimi. 

TRIBUNKALTIM.CO - Malaysia Healthcare melangsungkan webinar kesehatan bertajuk "Jantung Berdebar Pasca Covid? Cek Jantungmu".

Webinar ini merupakan kolaborasi antara Malaysia Healthcare bersama Thomson Hospital Kota Damansara yang merupakan salah satu rumah sakit dari 73 rumah sakit anggota MHTC (Malaysia Healthcare Travel Council).

Dalam webinar ini, dokter spesialis jantung dari Thomson Hospital Kota Damansara dr. Haizal Haron Kamar menjelaskan, pandemi Covid-19 yang berkepanjangan saat ini sangat berpengaruh pada berbagai aspek kehidupan terutama pada kesehatan.

"Pandemi Covid-19 ini menyebabkan banyak orang merasa tertekan atau stres, sakit kepala dan jantung berdebar-debar, sehingga juga mempengaruhi pola makan dan pola hidup yang berubah karena sekian lama semua orang harus berada di rumah, di mana keadaan ini tidak pernah terpikirkan sebelumnya," terangnya.

Baca juga: 111 Pejabat Dirotasi, Bupati Ingatkan Jajarannya Bantu Wujudkan Program Paser MAS

Ia mengingatkan, pasien dengan komorbid jantung harus selalu memperhatikan kesehatannya dan cara yang tepat untuk dilakukan.

Jika sampai terpapar Covid-19, tentunya memerlukan perawatan tepat, di mana diketahui terdapat banyak penyintas Covid-19 dengan komorbid jantung.

Infeksi Covid-19 sendiri secara langsung dapat mempengaruhi jantung dan peredaran darah yang berujung pada serangan jantung, peradangan otot jantung, dan pembekuan darah di vena dalam dan paru-paru.

Selain itu, pasien jantung lebih mungkin mengalami  infeksi parah setelah terpapar penyakit. Pembicaraan akan fokus pada dampak pandemi global pada jantung dan membahas cara menjaga kesehatan jantung kita.

"Jika Anda merasakan gejala jantung berdebar-debar yang berlebihan, ada baiknya Anda bertemu dokter jantung untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut," imbuhnya.

Sementara, Director Market Development Indonesia dari Malaysia Healthcare dr. Haizal Farah Delah Suhaimi mengatakan bahwa selain tekanan darah yang dicek, irama jantung juga harus diperiksa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved