Breaking News:

Otomotif

Mending Mana Patokan Liter atau Jumlah Uang saat Mengisi Bensin? Ini Penjelasan Pertamina

Setiap pengendara mobil maupun motor memiliki cara dan kebiasaan yang berbeda-beda dalam mengisi bahan bakar di stasiun pengisian bahan bakar umum

Editor: Diah Anggraeni
HO
Setiap pengendara mobil maupun motor memiliki cara dan kebiasaan yang berbeda-beda dalam mengisi bahan bakar di SPBU. Lantas saat mengisi bahan bakar, mending berdasarkan patokan liter atau jumlah uang saja? 

TRIBUNKALTIM.CO - Setiap pengendara mobil maupun motor memiliki cara dan kebiasaan yang berbeda-beda dalam mengisi bahan bakar di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Tidak hanya soal jenis bahan bakar yang dipilih, namun juga pilihan pengendara yang mengisi, ada yang mengacu pada nominal rupiah dan ada pula pada takaran liter.

Misalnya membeli dengan jumlah nominal Rp 20 ribu atau Rp 50 ribu, tapi tidak jarang juga yang membeli dengan jumlah 3 atau 5 liter dengan asumsi mendapat takaran lebih akurat.

Baca juga: Kulit Jok Mobil Mengalami Retak-retak Sedikit? Enggak Perlu Ganti Baru, Inilah Solusinya

Lantas saat mengisi bahan bakar, mending berdasarkan patokan liter atau jumlah uang saja?

Unit Manager Communication Relation dan CSR Pertamina MOR III, Eko Kristiawan pun memberikan penjelasannya.

"Mau nominal rupiah atau jumlah liter sama saja. Hanya saja dengan nominal rupiah mungkin lebih praktis," ujar Eko kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

Eko menjelaskan kelebihan jika konsumen membeli dengan menyebut nominal rupiah tidak menyulitkan petugas SPBU untuk memberikan uang kembalian ketimbang dengan takaran liter.

"Untuk bayar non-cash sama bisa pilih nilai rupiahnya atau jumlah liternya," sambungnya.

Baca juga: Siang atau Malam Hari? Inilah Waktu yang Tepat untuk Serah Terima Mobil Baru

Meski begitu, Eko mengungkapkan mengisi bahan bakar dengan kedua cara tersebut sebenarnya sama-sama akurat tidak ada kecurangan.

Lantaran itu hanya pilihan saja antara konsumen lebih nyaman menggunakan nominal rupiah atau liter.

"Keduanya bisa terlihat diindikator angka dispenser SPBU beli dengan nominal rupiah akan terlihat juga jumlah literannya," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Biar Enggak Rugi, Lebih Akurat Mana Beli Bensin di SPBU Berdasar Nominal Rupiah atau Liter?, https://www.gridoto.com/read/222931076/biar-enggak-rugi-lebih-akurat-mana-beli-bensin-di-spbu-berdasar-nominal-rupiah-atau-liter?page=all.

Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved