Breaking News:

Berita Balikpapan Terkini

Pasang Surut Perairan Balikpapan Capai 2,8 Meter, BMKG Perkirakan Berlangsung Hingga Hari Ini

Beberapa hari terakhir, situasi perairan cenderung pasang. Seperti yang dialami sejumlah warga di kawasan Stalkuda, Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan

HO/RELAWAN INFO BENCANA BALIKPAPAN
Suasana saat gelombang pasang memasuki pemukiman warga di kawasan Stalkuda, Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan, Jumat (8/10/2021) lalu.  HO/RELAWAN INFO BENCANA BALIKPAPAN 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Beberapa hari terakhir, situasi perairan cenderung pasang. Seperti yang dialami sejumlah warga di kawasan Stalkuda, Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan, Jumat (8/10/2021) lalu.

Diketahui, gelombang pasang tersebut menghantam bibir pantai dan memasuki pemukiman warga yang berakibat tumbangnya pohon.

Wilayah yang terdampak di Balikpapan selain Stalkuda, di antaranya perairan di Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan dan Kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur.

Berdasarkan pemetaan Badan Meteorologi Klimatologi atau BMKG Balikpapan, gelombang pasang tersebut terjadi pada kurun pukul 19.00 Wita hingga 23.00 Wita.

"Puncak pasang surut wilayah Balikpapan tertinggi terjadi pada pukul 19.00 wita hingga 20.00 wita dengan tinggi pasang air laut 2,8 meter," beber Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Erika Mardiyanti, Minggu (10/10/2021).

Baca juga: Diduga Air Pasang, Mobil Terseret hingga Hampir Tengah Laut saat Berada di Pantai Swadaya Balikpapan

Baca juga: Hujan Deras dan Air Pasang, Belasan Rumah di Kelurahan Petung Terendam Banjir

Baca juga: Setiap Air Pasang, Hal Buruk Ini Terjadi di Wisata Alam Mangrove Graha Indah Balikpapan

Adapun untuk kecepatan angin pada jam tersebut, lanjut Erika, bervariasi antara 4 hingga 16 knot atau 7 sampai 30 kilometer per jam yang menyebabkan air dalam posisi naik.

"Demikian disebabkan karena posisi antara matahari, bumi, dan bulan berada dalam segaris lurus. Saat keadaan ini bulan berada dalam fase bulan baru atau bulan mati," jelas Erika.

Pihaknya kemudian memperkirakan kondisi pasang surut demikian terjadi di Balikpapan berlangsung hingga hari ini, Minggu (10/10/2021).

"Puncak pasang terjadi pada pukul 19.00 wita hingga 20.00 wita dengan ketinggian 2,8 meter," pungkas Erika. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved