Breaking News:

Berita Balikpapan Terkini

Basarnas Balikpapan Gelar Pelatihan SAR buat Pemuda Milenial dan Para Santri

Basarnas Balikpapan menggelar bimbingan teknis SAR terhadap sejumlah pemuda dari berbagai golongan, baik itu milenial maupun santri, Rabu (13/10/2021)

HO/BASARNAS BALIKPAPAN
Basarnas Balikpapan menggelar bimbingan teknis SAR terhadap sejumlah pemuda dari berbagai golongan, baik itu milenial maupun santri, Rabu (13/10/2021). HO/BASARNAS BALIKPAPAN 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Basarnas Balikpapan menggelar bimbingan teknis SAR terhadap sejumlah pemuda dari berbagai golongan, baik itu milenial maupun santri, Rabu (13/10/2021).

Adapun lokasi pelatihannya sendiri berlangsung di halaman Kantor Basarnas Balikpapan yang dibuka langsung oleh Anggota Komisi V DPR RI Daerah Pemilihan Kalimantan Timur, Irwan Fecho.

Bimtek turut dihadiri Direktur Bina Tenaga Basarnas, Marsekal Pertama Arif Widianto yang juga didampingi Kepala Basarnas Balikpapan, Melkianus Kotta.

Melalui keterangan tertulis, pelatihan SAR tersebut diikuti sebanyak 25 peserta yang didominasi kaum milenial.

Adapun sebagian juga diikuti para santri dari Ponpes Hidayatullah Balikpapan.

Baca juga: Langkah Awal, Cara Menolong Orang Tenggelam ala Basarnas Samarinda

Baca juga: Sejumlah Titik Tergenang Air, Basarnas Balikpapan tak Temukan Indikasi Banjir

Baca juga: Basarnas Balikpapan Pelatihan Search and Rescue, Fokuskan Skema Bencana di Perairan

Menurut Irwan Fecho, pelatihan ini diharapkan dapat memunculkan kader, khususnya para milenial dan santri dalam melakukan pertolongan pertama akan suatu kejadian.

“Ini pertama kali di Kaltim, Basarnas memberikan pelatihan SAR untuk santri dan milenial. Ke depan terus menjadi agenda rutin Basarnas dengan persetujuan DPR, khususnya Komisi V,” ujar Irwan, dalam keterangan tertulis.

Untuk itu, Irwan mengklaim akan terus mendorong pelatihan potensi SAR kepada organisasi-organisasi yang memiliki tenaga rescuer eksisting.

Sehingga pada saat ada kejadian musibah atau bencana, kata Irwan, Kaltim memiliki kemampuan untuk pencarian dan pertolongan sekaligus penyelamatan.

“Sebagai salah satu mitra strategis Komisi V DPR RI, tahun depan kita terus akan tingkatkan baik jumlah kegiatan maupun anggaran untuk pelatihan berikut perlengkapan kantor SAR di Kaltim,” tutur Irwan. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved