Breaking News:

Berita Kaltim Terkini

Kaltim Nomor 3 Penyumbang Minyak Bumi Nasional, Rudi Rubiandini Sarankan Cara Tingkatkan Produksi

SKK Migas Kalsul (Kalimantan Sulawesi) dan Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) gelar temu media daerah di Hotel Aston Samarinda, Rabu (13/10/2021)

TRIBUNKALTIM.CO/JINO PRAYUDI KARTONO
Praktisi perminyakan Rudi Rubiandini ketika memberikan paparan di Hotel Aston Samarinda, Rabu (13/10/2021). TRIBUNKALTIM.CO/JINO PRAYUDI KARTONO 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - SKK Migas Kalsul (Kalimantan Sulawesi) dan Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) gelar temu media daerah di Hotel Aston Samarinda, Rabu (13/10/2021).

Kegiatan yu media daerah ini dimulai dengan presentasi dari konsultan migas Rudi Rubiandini.

Dalam presentasinya ia menyebut Kalimantan Timur menjadi daerah ketiga terbesar dalam produksi minyak dan gas bumi. Dari data terakhir ia mencatat Kaltim menyumbang 19 persen minyak bumi dan 26 persen gas bumi.

Sedang Jawa Timur merupakan penyumbang terbesar produksi migas nasional. Provinsi paling timur di Jawa ini memproduksi 32 persen minyak dan 10 persen gas bumi. Sedangkan nomor dua provinsi Riau memproduksi 29 persen minyak dan 8 persen gas bumi.

Tidak menutup kemungkinan Kaltim menjadi produsen migas terbesar nasional. Salah satu caranya dengan meningkatkan eksplorasi beberapa sumur minyak yang ada di Kaltim.

Baca juga: Pertamina Kembali Temukan Cadangan Minyak Bumi di Taman Nasional Kutai, Segini Potensinya

Baca juga: Pulau Tarakan Kaya Potensi Minyak Bumi, Belanda dan Jepang Berebut Menguasai

Baca juga: Minyak Bumi Indonesia Akan Habis dalam 12 Tahun Jika Tidak Ditemukan Cadangan Baru

Namun biaya eksplorasi sendiri pun tidak sedikit. Sekali eksplorasi saja memakan biaya puluhan hingga ratusan juta.

"Risiko biaya dibutuhkan seismik 20 sampai 100 juta dollar bisa 300 juta dollar. Ada dua kemungkinan isi atau tidak. Kalau pakai uang dari negara hancur. Sementara menggunakan uang perusda bisa kosong, hilang gulung tikar," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved