Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Tinjau Pamsimas Desa Menamang Kanan-Kiri, Bupati: Pemkab Serius Soal Air Bersih

Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) telah menjadi salah satu program andalan pemerintah, guna memberikan

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Bupati Kukar Edi Damansyah saat meninjau keberadaan Pamsimas di Desa Menamang Kanan dan Desa Menamang Kiri, Kecamatan Muara Kaman. 

TRIBUNKALTIM.CO - Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) telah menjadi salah satu program andalan pemerintah, guna memberikan fasilitas air bersih dan sanitasi yang layak bagi masyarakat.

Untuk itu, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meninjau keberadaan Pamsimas di Desa Menamang Kanan dan Desa Menamang Kiri, Kecamatan Muara Kaman, pekan tadi.

Baca juga: Bupati Tinjau Semenisasi Irigasi, Edi Damansyah Apresiasi Warga Kelurahan Panji

Saat ditemui di sela-sela peninjauan, Edi mengatakan, Pemkab Kukar sangat serius dalam menanggulangi masalah air bersih, dan semua itu tertuang dalam program air bersih desa yang masuk dalam program Kukar Idaman.

"Dosa kalau kita tidak mengurus hal ini, air bersih merupakan hajat hidup orang banyak," tegas Edi.

Program air bersih desa atau Pamsimas diharapkan bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Untuk mengoptimalkan manfaat dari sarana Pamsimas yang telah terbangun, Edi mengimbau untuk melibatkan badan usaha milik desa (BUMDes) dalam pengelolaan Pamsimas.

Baca juga: Kerja Sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, Pemkab Beri Perlindungan Kerja bagi Aparatur Desa

Selain itu, dengan pengelolaan yang baik, nantinya Pamsimas bisa meningkatkan penambahan jaringan pipa dan menambah sambungan rumah (SR), sehingga dapat memperluas jangkauan pelayanan kepada masyarakat.

"Dengan jangkauan pelayanan air minum yang semakin luas, dapat memudahkan warga dalam mengakses air bersih," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Menamang Kanan Andri mengatakan, sudah 40 rumah yang terpasang sambungan air bersih dan sekitar 100 rumah yang akan siap dipasang.

"Sarana Pamsimas sudah hampir 100 persen rampung, tinggal pemasangan atap saja," ungkapnya. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved