Breaking News:

Berita Balikpapan Terkini

Dinas Pariwisata Kaltim Berikan Pelatihan Front Office Hotel Non Bintang

Pelatihan ini diselenggarakan karena FO/resepsionis merupakan ujung tombak dari perhotelan dalam industri pariwisata

TRIBUNKALTIM.CO/NIKEN DWI SITONINGRUM
Kegiatan pelatihan FO (Front Office) hotel non bintang di hotel MaxOne Balikpapan hari ini (14/10/2021).TRIBUNKALTIM.CO/NIKEN DWI SITONINGRUM 

TRIBUNKALTIM.CO,BALIKPAPAN- Dinas Pariwisata Kalimantan Timur,  menyelenggarakan pelatihan khusus untuk Front Office (FO) atau petugas resepsionis hotel non bintang di Hotel MaxOne Balikpapan mulai tanggal 13 Oktober 2021 hingga hari ini, Kamis (14/10/2021).

Pelatihan ini diselenggarakan karena FO/resepsionis merupakan ujung tombak dari perhotelan dalam industri pariwisata.

"Industri pariwisata ini kan tidak bisa kita pisahkan dengan perhotelan dan FO merupakan ujung tombak dari hotel itu sendiri.

Selain itu, FO ini menanggapi segala bentuk keluhan, pujian serta pusat informasi dari sebuah hotel dan lingkungan sekitarnya," ungkap H. Muhammad Irvan Rivai selaku Sekretaris Dinas Pariwisata  Provinsi Kalimantan Timur.

Baca juga: Usulkan Paket Pekerjaan ke DPR RI, Irwan Tinjau Proyek Muara Sungai Ampal di Balikpapan

Baca juga: AHASS Balikpapan Berikan Promo Ganti Oli Bulan Oktober, Berlaku di Empat Wilayah Kaltim dan Kaltara

Baca juga: Peringatan Dini Prakiraan Cuaca Balikpapan 14 Oktober 2021, Dini Hari dan Siang akan Hujan

Selain memberikan edukasi bagi ujung tombak dalam industri perhotelan dalam kaitannya pada industri pariwisata, Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim juga menyampaikan bahwa pelatihan ini diselenggarakan demi menunjang kinerja, kompetensi SDM dan meningkatkan kualitas dari SDM yang terlibat.

"Menyambut IKN ini juga kan nantinya ada persaingan tenaga kerja dari Pulau Jawa yang sangat kompetitif juga, jadi kita tidak boleh ketinggalan dengan mereka. Khususnya bagi mereka yang berada di hotel-hotel non bintang ini," lanjutnya.

Adapun materi-materi yang diberikan dalam pelatihan ini, antara lain mempromosikan produk dan jasa kepada pelanggan, room division, menyediakan layanan resepsionis, pemesanan kamar (reservasi), penanganan barang tamu, komunikasi yang efektif.

Serta beberapa praktek meliputi grooming, call courtesy maupun handling check in dan check out.

Sementara pemberi materi pun berasal dari Dinas Pariwisata Kota Balikpapan, PHRI/IHGMA dan Poltek Balikpapan.

Baca juga: Alumni AKABRI 89 di Balikpapan Peringati Pengabdian ke-33 Tahun, Siapkan 4.500 Vaksin, 5.000 Bansos

Mengingat angka kasus positif Covid-19 sudah kian melandai khususnya di wilayah Kalimantan Timur, Irvan pun menegaskan bahwa pelatihan yang diselenggarakan ini pun sebagai bentuk persiapan bagi peserta untuk menghadapi tugas-tugas pasca pandemi.

"Momentum yang tepat bagi kita untuk melaksanakan kegiatan pelatihan ya, khususnya pelatihan petugas FO sebagai bekal menghadapi tugas-tugas pasca pandemi Covid-19," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved