Breaking News:

Berita DPRD Samarinda

Komisi IV DPRD Beri Apresiasi Pemkot Atas Raihan Penghargaan Pengarusutamaan Gender dari KemenPPPA

Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda menerima penghargaan Anugrah Parahita Ekaparaya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Penulis: Hanifan Ma'ruf | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/HANIVAN MA'RUF
Anggota Komisi IV DPRD Kota Samarinda, Damayanti menanggapi raihan penghargaan APE 2020 oleh Pemkot Damsrinda dari KemenPPPA RI. TRIBUNKALTIM.CO/HANIVAN MA'RUF 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda menerima penghargaan Anugrah Parahita Ekaparaya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) RI berkaitan dengan penerapan Pengarusutamaan gender (PUG) di Kota Samarinda.

Seremonial pemberian anugrah tersebut dilakukan secara virtual pada Kamis (14/10/2021) yang ditujukan kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) kota Samarinda.

Pencapaian itu mendapat apresiasi dari Komisi IV DPRD Kota Samarinda melalui salah satu anggota nya, Damayanti, yang mengatakan bahwa penghargaan yang telah diraih bisa menjadi motivasi Pemkot dalam mewujudkan kesetaraan gender di kota tepian.

"Dengan berjalannya program itu secara konsisten, perempuan di Samarinda bisa mengembangkan potensinya, yang penting tidak berhenti dan harus dapat terintegrasi dalam program unggulan seta visi misi Walikota dan Wakil Walikota Samarinda," ucapnya, Kamis (14/10/2021).

Penghargaan APE sendiri diberikan kepada pemerintah daerah kabupaten/kota dalam pelaksanaan strategi PUG di lingkungan pemerintahan hingga tempat-tempat publik lainnya.

Baca juga: Komisi II DPRD Samarinda Dorong Pemkot Tingkatkan PAD di Sektor Pariwisata

Baca juga: Komisi II DPRD Samarinda Minta Pertamina Putus Suplai SPBU yang Layani Pengisian BBM ke Pertamini

Baca juga: Komisi I DPRD Samarinda Dorong Pemerintah dan Masyarakat Awasi Pungutan Liar

Pada keikutsertaan kota Samarinda pertama kalinya ini, ibu kota Kalimantan Timur tersebut mendapat penghargaan kategori Pratama.

"Saya tentu berbangga dan mengapresiasi apa yang sudah dicapai oleh Pemkot, dimana PUG ini merupakan indikator evaluasi pelaksanaan pembangunan berbasis kesetaraan gender," ujar anggota dewan dari fraksi Kebangkitan Pembangunan tersebut.

Ia berharap capaian ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan menjadi kategori yang lebih baik di kesempatan selanjutnya.

"Semoga Pemkot bisa mempertahankan dan memaksimalkannya lagi, tentunya tujuan penghargaan APE ini bukan jadi tujuan akhir, tetapi bagaimana akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang setara," tutur Damayanti. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved