Breaking News:

Rayakan Maulid Nabi, Naik kapal Dharma Lautan Utama Nyaman, Aman, Sehat dan Menyenangkan

Bulan Rabiul Awal dalam kalender Hijriah merupakan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tentunya bulan ini akan ramai dengan peringatan atau perayaan

Editor: Diah Anggraeni
HO/PT Dharma Lautan Utama
Bagi Anda yang ingin bepergian menggunakan armada kapal PT Dharma Lautan Utama tidak perlu khawatir. PT Dharma Lautan Utama menjamin kesehatan seluruh karyawannya. Mereka telah divaksin Covid-19 dan selalu menjalankan protokol kesehatan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Bulan Rabiul Awal dalam kalender Hijriah merupakan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Tentunya bulan ini akan ramai dengan peringatan atau perayaan oleh umat muslim di berbagai daerah di Indonesia.

Ragam perayaan tersebut umumnya berakar dari kebiasaan dan adat istiadat daerah setempat.

Di Madura, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini dekan dengan sebutan "Molodhen".

Tradisi Molodhen ini biasanya berlangsung cukup meriah dan berjalan selama sebulan penuh, utamanya tepat tanggal 12 Rabiul Awal masyarakat akan berduyun-duyun datang ke masjid untuk merayakam Maulid Agung.

Baca juga: Beli Tiket Melalui Aplikasi DLU Ferry, PT Dharma Lautan Utama Siapkan Diri Sambut Tradisi Ramadan

Kepala Cabang PT Dharma Lautan Utama Balikpapan, Muhammad Saleh mengatakan, tradisi Molodhen bagi masyarakat Madura merupakan salah satu peristiwa penting selain Idul Fitri dan Idul Adha untuk melakukan tradisi Toron.

Tradisi tersebut pun diyakini merupakan momen penting, selain bulan baik untuk selametan dan haul leluhur atau ulama dan yang biasanya digandengkan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Makna lebih luas lagi, yaitu memperkuat tali silaturahmi antar keluarga dan kerabat di tanah kelahirannya. Dengan 'Toron' keutuhan dan keakraban antar warga Madura akan tetap terjalin semakin erat dan harmonis," katanya.

Oleh sebab itu, dirinya mengajak seluruh warga Balikpapan dan sekitarnya untuk Rayakan Maulid Nabi Muhammad SAW Mudik atau pulang kampung sudah menjadi tradisi dan biasanya dilakukan dengan bersepeda motor, berkumpul dengan keluarga.

Baca juga: Sambut Chinese New Year Holiday 2021 Berlayar Bersama Dharma Lautan Utama, Aman dan Menyenangkan

Berencana memanfaatkan momen perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW untuk kembali ke kampung halaman maupun berlibur bersama keluarga ke destinasi wisata impian, di mana saat ini juga sudah ada beberapa destinasi wisata yang dibuka dengan pemberlakuan protokol kesehatan sesuai dengan arahan dari pemerintah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved