Breaking News:

Berita Balikpapan Terkini

Lembaga KPK PAN RI Kaltim Resmi Dilantik, Fokus Tangani Kasus Tambang, Tanah hingga Sawit

Kepengurusan Lembaga Koordinasi Pemberantasan Korupsi dan Penyelamat Aset Negara Republik Indonesia (LKPK- PAN RI) Kaltim resmi dilantik.

TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI
Kepengurusan Lembaga Koordinasi Pemberantasan Korupsi dan Penyelamat Aset Negara Republik Indonesia (LKPK- PAN RI) Kaltim resmi dilantik. TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kepengurusan Lembaga Koordinasi Pemberantasan Korupsi dan Penyelamat Aset Negara Republik Indonesia (LKPK- PAN RI) Kaltim resmi dilantik.

Ketua LKPK- PAN RI Kaltim, Thamrin menegaskan, pihaknya akan fokus pada sejumlah kasus tambang, pertanahan, serta sawit pada 100 hari kerja.

Selain itu, pihaknya juga akan bekerja sama membantu pemerintah kota dalam pencegahan korupsi, termasuk kepada Kesbangpol atau instansi terkait lainnya.

"Penyelesaian kasus korupsi di Kaltim belum maksimal, masih perlu pembenahan terutama di dalam sebuah instansi," ujarnya, Jumat (15/10/2021).

LKPK-PAN RI Kaltim, lanjut Thamrin, akan memberi sejumlah saran dan masukan, termasuk kepada lembaga pengadilan, BPN, dan badan perizinan lainnya.

Sementara itu, Ketua Umum LKPK-PAN RI, Mustami BA meminta agar ketua wilayah Provinsi Kaltim bisa bekerja dan bersinergi dengan Forkompinda.

Dalam waktu dekat, ia juga mengharapkan LKPK-PAN RI Kaltim bisa menemukan kasus yang sudah terkumpul.

Kasus tersebut selanjutnya akan dibahas oleh tim khusus yang sudah terbentuk di dalam kepengurusan.

"Kan di dalamnya ada badan intelijen, badan birokrasi, dan badan hukum. Nanti kita akan bedah kasus," terangnya.

Inspektur Pengawasan Inspektorat Kaltim, Satya Pambudi juga berharap LKPK- PAN RI bisa membantu pemerintah.

Sebab, kata dia, tidak mungkin Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bisa bekerja mengawasi semua badan dalam pemberantasan korupsi.

"Pemerintah Provinsi sangat menyambut positif adanya lembaga ini. Tentu diharapkan bisa berkembang sesuai tujuan awal, mengurangi korupsi yang ada di Kaltim," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved