SMA Yayasan Pupuk Kaltim Raih Dua Penghargaan, Jadi Sekolah Terbaik di Bontang dan Kaltim

SMA Yayasan Pupuk Kaltim (YPK) meraih dua penghargaan bergengsi di bidang pendidikan, di antaranya, peringkat pertama nilai ujian tulis berbasis

Editor: Diah Anggraeni
HO/Pupuk Kaltim
SMA Yayasan Pupuk Kaltim meraih dua penghargaan bergengsi di bidang pendidikan. Kedua penghargaan itu, yakni peringkat pertama nilai ujian tulis berbasis komputer terbaik se-Kota Bontang tahun 2021 serta Terbaik IV Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tingkat Nasional. 

TRIBUNKALTIM.CO - SMA Yayasan Pupuk Kaltim (YPK) meraih dua penghargaan bergengsi di bidang pendidikan, yakni peringkat pertama nilai ujian tulis berbasis komputer (UTBK) terbaik se-Kota Bontang tahun 2021 serta Terbaik IV Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah (PWBS) Tingkat Nasional.

Dua penghargaan itu turut mengantarkan SMA YPK masuk "Top 1.000 Sekolah Tahun 2021 Berdasarkan Nilai UTBK" dan berhasil meraih peringkat 3 terbaik di Kalimantan Timur serta peringkat 332 nasional.

Baca juga: Dukung PTM, Pupuk Kaltim Salurkan 4 Unit Tabung Oksigen bagi Sekolah Muhammadiyah Bontang

Kepala SMA YPK, Rakim mengungkapkan, peringkat pertama UTBK berdasarkan data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), yang mampu dipertahankan YPK dua tahun terakhir hingga berhasil naik 99 tingkatan secara nasional dibanding tahun 2020.

Hal ini tak lepas dari upaya sekolah bersama yayasan untuk memberikan sistem pembelajaran terbaik bagi anak didik melalui sinergi dan kerja sama dengan seluruh pihak terkait.

"Prestasi ini tak lepas dari sinergi yang baik antara yayasan, guru, karyawan, siswa dan orang tua, maupun instansi terkait lainnya," kata Rakim.

Menurutnya, pandemi Covid-19 tak menyurutkan upaya SMA YPK untuk terus konsisten memberikan pendidikan dan pelayanan terbaik bagi siswa, didukung komitmen para guru serta karyawan dengan berbagai gebrakan dan inovasi.

Salah satunya menerapkan sistem pembelajaran online secara terukur melalui learning management system (LMS) menggunakan berbagai platform seperti Microsoft 365 (MS Teams), Zoom, dan Google Classroom.

SMA YPK juga memiliki aplikasi SiABS (Sistem Aplikasi Bank Soal) yang didesain mandiri para guru, untuk memudahkan siswa melatih kecakapan melalui beragam soal yang tersedia dari seluruh mata pelajaran.

Aplikasi ini bahkan sudah digunakan sebelum pandemi dan sangat membantu para siswa memahami materi pembelajaran di sekolah.

"Sistem pembelajaran yang diberikan SMA YPK menyesuaikan perkembangan teknologi, untuk memudahkan sekaligus mendorong para siswa menguasai materi pembelajaran dengan lebih baik," lanjut Rakim.

Baca juga: PKT Proaktif Salurkan Bantuan Rompi bagi Satgas Covid-19 Bontang

Sementara untuk Terbaik IV PWBS Tingkat Nasional diraih SMA YPK dari Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

SMA YPK dinilai mencakup tiga variabel pengutamaan bahasa negara di ruang publik yakni penilaian fisik kebahasaan, kaidah kebahasaan dan tipografi kebahasaan.

SMA YPK satu dari 10 SMA/sederajat di Indonesia yang menerima penghargaan tersebut dan menjadi sekolah satu-satunya perwakilan Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara yang lolos kriteria penilaian.

Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah merupakan gambaran atas sikap positif terhadap penggunaan bahasa Indonesia, sebagai bahasa negara di lingkungan sekolah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved