Breaking News:

Otomotif

Tombol Sakelar Motor Enggak Berfungsi setelah Kehujanan? Ternyata Ini Penyebabnya

Salah satunya, bikers yang dibuat kesal karena tombol sakelar motor yang mendadak tidak bisa difungsikan setelah kehujanan.

Editor: Diah Anggraeni
GridOto.com/IST
Tombol sakelar motor mendadak tidak bisa difungsikan setelah kehujanan. Belum tentu rusak, ternyata itu bisa disebabkan oleh hal sepele, loh! 

TRIBUNKALTIM.CO - Musim hujan mulai melanda berbagai wilayah di Indonesia.

Tidak jarang, hujan yang mengguyur membuat kesal sejumlah pengemudi kendaraan bermotor.

Salah satunya, bikers yang dibuat kesal karena tombol sakelar motor yang mendadak tidak bisa difungsikan setelah kehujanan.

Tombol sakelar yang macet ketika ingin difungsikan tentu bisa merepotkan saat motor sedang digunakan.

Baca juga: AMPUH! Berikut Dua Trik Mencegah Motor Mogok pada Musim Hujan

Belum tentu rusak, hal sepele akibat kurangnya perawatan atau karena air hujan dan kotoran yang masuk memang bisa bikin tombol sakelar bermasalah.

"Tombol sakelar di motor bisa kotor dan berkarat, sebabnya bisa karena usia pemakaian atau karena kemasukan air saat kondisi hujan," jelas Pak Wiet dari PWC Custom, Ciledug, Tangerang.

Hal ini rentan dialami buat motor yang memang kondisinya jarang dicuci atau dibersihkan, sehingga rentan timbul endapan kotoran di bagian tombol saklar.

Sebab, meskipun sekilas tampak rapat, tetap ada celah di bagian tombol yang membuat air dan debu masuk ke bagian dalam sakelar.

Baca juga: Lakukan Secara Berkala, Gantilah Minyak Rem jika Capaian Kilometer Motor Sudah Segini

Efeknya tombol sakelar jadi terasa macet saat ditekan, bahkan jadi tidak berfungsi karena hal tersebut.

"Kalau tombol sakelar kadang enggak berfungsi ini jadi indikasi bahwa kondisinya sudah berkarat. Perlu dicek kondisinya untuk memastikan," jelasnya.

Caranya tombol sakelar perlu dilepas dari motor, sehingga bagian mekanisme dan soket yang ada di bagian belakangnya bisa terlihat.

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, sebaiknya segera bersihkan motor, terutama jika habis dipakai dalam kondisi hujan.

Baca juga: Tahukah Anda bahwa Ukuran Ban Depan dan Belakang Motor Berbeda? Berikut Penjelasannya

Atau kalian bisa juga melakukan perawatan dengan menyemprotkan cairan khusus part kelistrikan agar tidak mudah korslet atau karat jika terkena air hujan.

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Ini Penyebab Tombol Saklar Motor Enggak Berfungsi Setelah Kehujanan, https://www.gridoto.com/read/222949071/ini-penyebab-tombol-saklar-motor-enggak-berfungsi-setelah-kehujanan?page=all.

Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved