Breaking News:

Berita Bontang Terkini

Diresmikan, Warga Bontang Kini Dapat Menikmati 251 Titik Wifi yang Disediakan Secara Gratis

Sebanyak 251 titik wifi gratis kini mulai bisa dinikmati masyarakat Bontang sejak, Kamis (21/10/2021).

Penulis: Ismail Usman | Editor: Mathias Masan Ola
TRIBUNKALTIM.CO/ISMAIL USMAN
Launching program pemasangan 251 titik wifi gratis Pemkot Bontang di Gedung Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota Bontang, Kamis (21/10/2021).┬áTRIBUNKALTIM.CO/ISMAIL USMAN 

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG - Sebanyak 251 titik wifi gratis kini mulai bisa dinikmati masyarakat Bontang sejak, Kamis (21/10/2021).

Ratusan titik itu antara lain 27 titik wifi layanan publik pemerintah dengan kecepatan jaringan internet 200 Mbps, 200 titik dengan kecepatan 50 Mbps yang tersebar di fasilitas kesehatan, pendidikan, keagamaan, dan fasilitas keamanan.

Sedangkan 16 titik lainnya ditempatkan di Taman Tanjung Laut, Lapangan Lang-Lang, Panggung Bontang Kuala, dan Taman Adipura, masing-masing 4 titik dengan kecepatan internet 50 Mbps.

Selain itu, pemasangan wifi gratis ini juga menyasar di wilayah pesisir. Ada 8 titik dengan kecepatan jaringan 7 Mbps di beberapa titik pesisir, diantaranya Selangan, Tihi-Tihi, Melahing dan Gusung.

"Masing-masing dipasang dua titik yang di pesisir. Semuanya kami launching hari ini," ujar Dasuki, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), dalam agenda launching program wifi gratis Pemkot Bontang, Kamis (21/10/2021).

Baca juga: Bakal Diluncurkan Saat HUT Bontang, Layanan Wifi Gratis di 200 Titik Lokasi Menelan Rp 1,5 Miliar

Baca juga: Warga Berbas Pantai Mulai Bisa Nikmati Layanan WiFi Gratis dari Pemkot Bontang, Tanpa Password

Baca juga: Tahap Pertama, Kelurahan Berbas Pantai Bontang akan Dipasang Wifi Gratis Sebanyak 16 Titik

Dasuki menyebutkan, program ini bertujuan sebagai upaya mewujudkan kota smart city. Hal itu sebagai yang dimaksud yakni mencakup smart governance, smart living, smart economy, dan smart branding.

"Itu bermuara pada peningkatan layanan publik sampai perekonomian. Selain memudahkan masyarakat, tentu ini juga meningkatkan pelayanan publik maupun pelayanan internal pemerintah,” ujarnya.

Adapun wifi gratis ini menelan dana sebanyak Rp 1,5 miliar, dengan rincian anggaran Rp 687 juga untuk pemasangan wifi gratis, Rp 348 juta anggaran layanan internet untuk seluruh OPD, dan untuk aplikasi dan perangkat jaringan pendukung senilai Rp 463 juta.

Sementara Wakil Wali Kota Bontang Najirah yang tampak hadir pada agenda launching itu berharap, program  dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat, tidak sekadar seremonial belaka.

“Menuju kota cerdas lewat program bebas kuota,” ungkapnya.

Baca juga: Wakil Walikota Bontang Terpilih Najirah Tegaskan Akan Prioritaskan Program BPJS dan Wifi Gratis

Langkah ini merupakan bentuk upaya pemerintah memberikan kemudahan kepada masyarakat di era digital saat ini. Agar, informasi tentang pembangunan maupun kegiatan pemerintah bisa diakses oleh masyarakat.

“Kami berharap tidak ada lagi masyarakat yang termarjinalkan, apalagi program ini juga sejalan dengan misi Pemkot Bontang,” tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved